Dark
Light

iOS 7 Telah Hadir Dengan Tampilan Yang Benar-Benar Baru

2 mins read
June 11, 2013

Saya ingat dahulu ketika pertama kali Apple meluncurkan iPhone generasi pertama, yang terbesit dalam benak saya pertama kali adalah tampilan interface-nya yang menurut saya ketika itu sangat-sangat breakthrough dibandingkan dengan sistem operasi dari berbagai pesaingnya. Kini, setelah mengalami peningkatan dari berbagai versi yang identik dengan gaya skeumorphism. iOS 7 yang telah resmi diperkenalkan di gelaran WWDC 2013 kemarin mengalami perombakan desain total dengan sejumlah konsep yang katanya mirip dengan sistem operasi lainnya. Benarkah demikian?

Persis seperti yang orang banyak duga beberapa waktu lalu, tampilan iOS 7 kali ini benar-benar telah berubah total dan sejatinya “terinspirasi” dengan konsep flat design yang sedang tren di berbagai sistem operasi lainnya. Secara keseluruhan tidak jauh berbeda dengan sneak peek yang dirilis di laman YouTube ini namun dengan finishing yang jauh lebih sempurna.

Seperti yang sebelumnya telah diberitakan oleh Trenologi. Tampilan sistem operasi anyar ini akan meninggalkan gaya desain skeumorphic yang digunakan di versi-versi sebelumnya. Perubahan ini dimulai  dari sisi tampilan deretan icon yang terpampang di home screen-nya. Dalam update teranyarnya kali ini, iOS 7 memberikan tampilan penuh warna warni layaknya versi sebelumnya namun dengan “ilustrasi” icon yang benar-benar baru. Dengan perpaduan gradasi warna yang dipadu dengan warna hitam putih di beberapa icon tertentu, membuat tampilannya sangat nyaman bagi mata.

Beralih ke sisi lain, sejumlah interface dari fitur aplikasi yang telah dihadirkan di versi semula juga mengalami perombakan yang cukup signifikan. Sebagai contoh di antaranya ada pada aplikasi Weather yang sebelumnya menampilkan tampilan ilustrasi yang kaku dan cenderung “serius”, kini tampil dengan design yang sangat sederhana dengan menghilangkan sejumlah ilustrasi untuk menandakan informasi cuaca dan menggantinya dengan tampilan layaknya wallpaper yang menginformasikan situasi cuaca terkini.

Tak sampai situ saja, ada satu tampilan baru yang cukup menarik perhatian saya. Fitur multitasking yang sudah diperkenalkan sejak iOS 4 silam, kini mengalami pembaruan total yang cukup menarik. Tampilan icon kecil yang sebelumnya “ngumpet” di bagian bawah kini sudah tidak dapat ditemukan lagi. Sebagai penggantinya, tampilan Multitasking terbaru dari iOS 7 akan menampilkan gambaran preview aplikasi yang sedang dijalankan dan pengoperasiannya cenderung “mirip” dengan fitur multitasking dari Android.

Overall, ada tiga hal yang menjadi perhatian utama saya terhadap perombakan total design yang diusung oleh iOS 7 ini. Yang pertama, dominasi warna-warna pastel yang soft dan simple mengisi hampir di seluruh bagian dari interface iOS 7 membuat tampilan iOS 7 terlihat lebih nyaman dipandang. Kedua, penggunaan font Helvetica Neue Ultra Light yang menjadi default font di seluruh fitur yang ada. Ketiga, tampilan di setiap aplikasinya yang kini memberikan kesan jauh lebih sederhana dan mudah dibaca dibandingkan dengan design sebelumnya. Ketiga faktor ini saya sepakati sebagai perubahan utama dari tampilan fresh iOS 7.

Bagi sebagian pengguna mungkin penggunaan warna-warna pastel yang soft dan juga sederhana memang dapat menjadi tampilan yang cukup digemari oleh banyak pengguna – setidaknya untuk kaum remaja. Namun, bagi pengguna profesional yang memfungsikan smartphone-nya sebagai “ruang kerja” kedua, nampaknya design baru yang diusung oleh iOS 7 ini terlihat terlalu riang dibanding dengan tampilan sistem operasi pesaingnya. Namun setidaknya, perombakan total dari antarmuka iOS baru ini mampu memberikan penyegaran yang sangat diperlukan setelah sebelumnya tampilan iOS dinilai sudah tertinggal dibanding dengan sistem operasi lainnya.

Jadi bagaimana menurut Anda? Apakah tampilan baru iOS 7 ini merupakan tampilan yang sangat menarik dan dapat bersaing secara kuat menghadapi pesaingnya? Ataukah mungkin dapat menjadi sebaliknya? Jawabannya mungkin nanti dapat kita temui setelah iOS 7 benar-benar dirilis pada musim gugur nanti. Namun bagi Anda yang ingin mencoba iOS versi Beta yang dikhususkan untuk developer, tak ada salahnya Anda baca-baca laman ini untuk info lebih lanjut.

Previous Story

Informasi Bagi Para Pengembang dari Intel di Ajang Computex – Taipei 2013

Next Story

Bebas Antri Tiket Dufan Lewat Fasilitas E-Payment Dari Doku

Latest from Blog

Don't Miss

Kenapa-Apple-iPhone-16-Pro-dan-iPhone-16-Pro-Max-Perbandingan-dan-Fitur-Terbarunya

Yakin Mau Beli Apple iPhone 16 Pro Series? Perbandingan dan Fitur Terbarunya

Apple sekali lagi berhasil membuat para penggemar teknologi terkesima lewat
Fitur-Baru-Apple-iPhone-16-dan-iPhone-16-Plus,-Harga-dan-Perbedaannya

Fitur Baru Apple iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, Harga dan Perbedaannya

Sudah lama dinanti, akhirnya teka-teki seputar iPhone generasi terbaru terjawab