28 November 2012

by Iqbal Farabi

iOS Kembali Ungguli Android di Pasar Amerika, Tertinggal di Belahan Dunia Lain

Menurut laporan dari Kantar Worldpanel ComTech, penjualan iPhone 5 berhasil mendongkrak posisi iOS kembali mengungguli Android di pasar Amerika. Saat ini, market share iOS berada pada angka 48,1% sementara Android mencatatkan angka 46,7%.

Sebelumnya, saat iPhone 4S dirilis pun, iOS juga mengungguli market share Android dan mempertahankan keunggulan tersebut selama tiga kuartal berturut-turut. Kali ini, Kantar memprediksikan bahwa iOS akan mempertahankan keunggulan ini selama dua kuartal ke depan.

Meskipun demikian, di berbagai belahan dunia lainnya, Android masih menguasai sebagian besar pasar. Sebagaimana yang bisa dilihat pada gambar di bawah ini, Android masih memimpin market share sistem operasi mobile dengan margin yang signifikan di Eropa, Australia, Brazil, dan China. Android kini memiliki pangsa pasar sebesar 54,2% di Britania Raya, 73,9% di Jerman, 61,6% persen di Perancis, 56,7% di Italia, 81,7% di Spanyol, 62,2% di Australia, 67,5% di China, serta 56,7% di Brazil.

Perebutan gelar sebagai “ekosistem ketiga” masih bervariasi di tiap negara. RIM masih dapat mempertahankan posisinya di peringkat ketiga di Britania Raya meskipun terus mengalami tren negatif di hampir seluruh negara yang dilaporkan oleh Kantar. Hanya di Jerman tren positif ditunjukkan oleh RIM, itu pun dengan angka yang cukup kecil yakni sebesar 0,9% pertumbuhan pasar.

Symbian ternyata masih bertahan sebagai ekosistem ketiga di beberapa negara seperti Spanyol dan China, bahkan masih mampu mengungguli iOS di Brazil. Sementara Windows masih belum juga mendapatkan pangsa pasar yang signifikan di banyak pasar dan hanya mampu menjadi peringkat ketiga di Italia dan Australia.