Gadget
for SEO
Gadget

iOS 11.3 Siap Dirilis pada Akhir Maret, Janjikan Pengalaman AR yang Lebih Sempurna

25 January 2018Glenn Kaonang

Juga ada pembaruan terhadap iMessage, Animoji di iPhone X, dan informasi 'kesehatan' baterai perangkat yang komprehensif

Apple sedang bersiap merilis iOS 11.3, yang dijadwalkan bakal tersedia pada musim semi mendatang (kurang lebih sekitar akhir bulan Maret). Selagi menunggu, konsumen dipersilakan melihat fitur-fitur baru apa saja yang dibawa iOS versi anyar tersebut.

Yang menurut saya paling menarik adalah penyempurnaan atas ARKit. Versi barunya, ARKit 1.5, dapat mendeteksi dan menempatkan objek virtual di atas permukaan vertikal seperti tembok atau pintu. Sebelumnya, pengalaman augmented reality di iOS hanya terbatas pada permukaan horizontal seperti meja dan lantai saja.

Pengaruh yang dibawa ARKit 1.5 pastinya cukup signifikan. Contoh sederhana: sebuah bioskop bisa memasang poster film yang dilengkapi penanda khusus, yang bakal menjadi ‘hidup’ ketika dilihat dari balik layar perangkat iOS. Di samping itu, ARKit 1.5 kini juga bisa memanfaatkan fitur autofocus milik kamera perangkat, serta mengemas resolusi 50 persen lebih tajam.

Tampilan fitur Business Chat di iOS 11.3 / Apple
Tampilan fitur Business Chat di iOS 11.3 / Apple

iOS 11.3 juga akan memperkenalkan fitur bernama Business Chat. Fitur yang masih berstatus Beta ini pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan perwakilan perusahaan atau penyedia layanan langsung via iMessage. Namun yang lebih penting, Business Chat tidak akan membagikan informasi kontak pengguna kepada perwakilan perusahaan yang menjadi lawan bicara.

Masih seputar iMessage, Animoji yang menjadi salah satu fitur eksklusif iPhone X turut mendapat pembaruan. Sepele sih memang, hanya empat karakter Animoji baru, yakni singa, naga, beruang dan tengkorak, tapi setidaknya bisa memberikan nuansa baru pada tren Animoji Karaoke yang sempat membeludak di YouTube.

Salah satu dari empat karakter Animoji baru di iOS 11.3 / Apple
Salah satu dari empat karakter Animoji baru di iOS 11.3 / Apple

Fitur baru lainnya mencakup Health Records di aplikasi Health, yang pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengakses segala data seputar kesehatan, termasuk yang berasal dari beragam institusi medis.

Beralih ke Apple Music, pelanggan nantinya juga dapat menikmati video klip di samping lagu. Selain itu, konten video nantinya juga akan mendapatkan rumah tersendiri di aplikasi Apple News.

Terakhir, iOS 11.3 bakal menyajikan informasi seputar ‘kesehatan’ baterai perangkat yang lebih komprehensif, dan bahkan memberikan saran ketika sudah waktunya baterai untuk diganti. Pembaruan ini sejatinya merujuk pada kontroversi yang ramai dibicarakan sebelum pergantian tahun kemarin.

Sumber: Apple.

Play video

1 July 2022

Media Mainstream Kompas Rilis NFT #shorts

Media mainstrean Indonesia, Kompas, siap merilis NFT mereka. Link artikel: ...

Others from #HybridTV