26 January 2018

by Glenn Kaonang

Garage Rocker Ibarat Hasil Kawin Silang Speaker Bluetooth dan Kotak Perkakas

Dilengkapi penggaris, busur, wadah mata bor, sampai wadah magnetik untuk sekrup dan perkakas

Speaker Bluetooth dan hobi pertukangan sepintas terdengar seperti dua hal yang tidak ada kesinambungannya sama sekali. Namun pada kenyataannya keduanya dapat dipadu-padankan untuk menciptakan kategori produk yang teramat unik, seperti salah satunya garapan Ion Audio berikut ini.

Dijuluki Garage Rocker, namanya benar-benar mengandung makna harfiah: siap 'mengguncang' garasi tempat kita biasa menjalani hobi pertukangan, atau di mana pun ada pekerjaan kasar yang melibatkan bor dan berbagai perkakas lainnya. Fisiknya yang serba terproteksi kelihatan amat gahar, dan ini penting apabila pengguna hendak membawanya ke area konstruksi.

Yang membuat speaker ini unik adalah detail-detail kecil di sekujur tubuhnya, yang tentu saja tahan air dengan sertifikasi IPX5. Coba tengok panel atasnya, Anda akan menjumpai penggaris dan busur terintegrasi, wadah sekrup magnetik, dan bahkan wadah mata bor sekaligus. Beralih ke sisinya, lagi-lagi Anda akan disambut oleh lapisan magnet yang bisa dimanfaatkan untuk menggantung perkakas.

Namun jangan sekali-kali melupakan identitas utamanya sebagai pengeras suara, sebab Ion Audio telah menyematkan speaker berdaya 50 watt ke dalam Garage Rocker, sehingga volumenya dipastikan bisa amat lantang. Selain Bluetooth, inputnya juga bisa mengandalkan aux atau radio AM/FM.

Soal daya tahan baterai, Anda pasti bakal teler lebih dulu sebelum speaker ini kehabisan daya, sebab ia bisa beroperasi selama 50 jam nonstop dalam satu kali charge. Daya sebesar itu juga tidak akan tersia-siakan begitu saja, sebab Anda bisa menyalurkannya ke smartphonevia sebuah port USB.

Singkat cerita, Garage Rocker memang hanya bisa menggantikan sedikit saja peran kotak perkakas, akan tetapi kotak perkakas sama sekali tak bisa menggantikan perannya sebagai speaker Bluetooth. Bagi yang tertarik, berkenanlah menunggu sampai musim panas mendatang di mana Garage Rocker akan mulai dipasarkan seharga $199.

Sumber: The Verge.