Dark
Light

Interview : Arus Media

1 min read
November 27, 2008

Di event Pesta Blogger minggu kemarin, saya janjian untuk bertemu dengan Kuswanto ( Ncus ) CEO Arus Media untuk ngobrol – ngobrol alias interview untuk Dailysocial. Namun tak disangka event ini berjalan cepat sekali dan begitu banyak kejutan yang saya alami sampai – sampai saya melewatkan waktu untuk ngobrol bersama teman – teman dari Arus Media. Namun dengan kebaikan hati Mas Kuswanto, akhirnya wawancara berhasil diselesaikan lewat email, berikut isi wawancaranya :

Apa sih ArusMedia? Bisa tidak disebut Blog Network?

ArusMedia dapat disebut sebagai sebuah blog network. Blog di ArusMedia akan saling terintegrasi antara satu sama lain. Tapi, kami tidak hanya akan membuat blog, saat ini blog merupakan pusat perhatian kami, selanjutnya kami akan membuat aplikasi berbasis web untuk pengguna internet di Indonesia.

The stories behind ArusMedia,dan visi misinya?

Saya dari dulu memang berkeinginan untuk membuat sebuah blog networking yang menargetkan pasar niche. Setelah selang beberapa tahun dan network saya berkembang, berkenalan dengan orang-orang pintar yang sekarang menjadi rekan saya jadilah ArusMedia.
Visi dan misi kami mungkin akan terdengar muluk-muluk, seperti halnya visi misi corporate lain. ArusMedia berkeinginan menjadi rujukan utama untuk artikel bermanfaat berbasis opini bagi pengguna internet di Indonesia.

Kenapa dinamakan ArusMedia?

Pertanyaan yang bagus, ArusMedia bisa diartikan kami akan mengalirkan media-media baru yang mengalir terus dan bisa bermanfaat bagi semua orang terutama yang dekat dengan aliran kami yaitu pasar niche kami.

Model bisnis yang dipakai oleh ArusMedia?

Saat ini kami belum bisa menceritakan mengenai ini, karena umur kami belum-pun sampai satu bulan. Begitu juga rencana sistem bisnis model kami selanjutnya, masih dirahasiakan.

Target pasar yang diincar oleh ArusMedia? Kenapa hanya mengincar blog niche

Kami menyadari bahwa konten lokal saat ini dikuasai oleh situs berita yang setiap artikelnya berumur pendek, dan masih kurangnya konten berkualitas dalam bahasa Indonesia. Kami mencoba mengisi kekosongan tersebut dengan mensegmentasikan artikel-artikel kami kedalam blog niche, yang langsung dibaca oleh pembaca yang sesuai.

Kira – kira pasar onliners di Indonesia aktif atau tidak? mengingat tingkat penetrasi internet di indonesia masih sangat kecil.

Kami merasa optimis, bahwa pengguna internet di Indonesia akan terus berkembang pesat. Seiring dengan semakin terjangkaunya koneksi internet. Sejauh ini apresiasi terhadap blog-blog kami termasuk bagus dan terus berkembang, bahkan banyak yang menyumbangkan ide-ide tulisan kepada kami. Kami berterimakasih kepada para pembaca yang dengan sukarela memberikan tulisan dan ide-ide tersebut.

Sampai saat ini bagaimana respon dari kalangan netter? Sudah berapa anggotanya?

Saat ini para kontributor sebanyak 15 orang yang tersebar di 3 blog ArusMedia. Seperti yang saya jelaskan di poin sebelumnya, responya sangat positif.

Kalau (pembaca) ingin bergabung dengan ArusMedia bagaimana cara / syarat-nya?

Apabila ada yang blognya bergabung dengan ArusMedia silahkan layangkan email ke [email protected]

Saat ini kami sedang menyelenggarakan sebuah event berhadiah di ketiga blog kami, Make Mac (www.makemac.com), Ruang Freelcane (www.ruangfreelance.com) dan Twentea (www.twentea.com). Event ini diselenggarakan selama satu bulan dari 24 Nopember–24 Desember. Dengan hadiah 3 iPod Shuffle dan 2 3 USB thumb kingston.

Kiri-kanan : Arya Rajasa, Anggi Ruang Freelance, Rama

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

4 Comments

  1. Salut buat ArusMedia dan para pendirinya. Semoga makin banyak teman-teman yang lain yang bisa tergugah untuk mengikuti jejak kalian.
    Rama, great interview mate !

  2. Salut buat ArusMedia dan para pendirinya. Semoga makin banyak teman-teman yang lain yang bisa tergugah untuk mengikuti jejak kalian.
    Rama, great interview mate !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

MacetLagi.com : Pantau Kemacetan Via Web Cam

Next Story

Microsoft Kembangkan AJAX Untuk Mobile

Latest from Blog