Esports Ecosystem

Intel World Open: Path to Tokyo akan Dimulai pada Bulan Maret 2020

27 Feb 2020 | Yudi Anggi
Dengan prize pool yang besar dan genre game populer di Jepang, Intel berusaha memperkenalkan esports berdampingan dengan Olimpiade.

Setelah pengumuman Intel World Open pada bulan September 2019 lalu. Akhirnya Intel memberikan informasi lengkap mengenai pre-event Olimpiade Tokyo 2020 ini. Para pemain yang ingin mewakili negaranya harus melalui dua tahap kualifikasi yaitu online qualifier dan LAN qualifier di Katowice. Delapan negara teratas di LAN qualifier berhak untuk bermain di Tokyo.

Tetapi, ada beberapa negara yang berhak lansung mengikuti LAN qualifier. Negara-negara tersebut adalah Australia, Brazil, Kanada, Perancis, Jerman, Tiongkok, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat. Dengan demikian, negara lain harus masuk melalui online qualifier yang dibagi untuk enam region yaitu Afrika, Asia (Mainland), Asia (Maritime & Oceania), Eropa, Amerika Latin dan Timur Tengah. Online qualifier-nya akan dimulai pada bulan Maret untuk game Street Fighter V dan bulan Mei untuk Rocket League. Pemenang dari setiap region berhak melaju ke LAN qualifier di Katowice.

Babak LAN qualifier di Katowice akan diselenggarakan pada tanggal 11 sampai 14 Juni 2020. 16 negara yang bertanding di Katowice akan dibagi menjadi dua grup. Menggunakan sistem round robin, negara di peringkat dua teratas langsung mendapatkan tempat di final Intel World Open Tokyo. Sementara tim yang tersisa akan menjalani bagan double elimination untuk mencari tiga negara yang berhak untuk bermain di final Intel World Open Tokyo.

Babak utama Intel World Open yang diikuti oleh 8 negara akan berjalan pada tanggal 22 sampai 24 Juli 2020 di Zepp DiverCity Tokyo.  Berbeda dengan LAN qualifier, pada babak ini para negara peserta akan bertanding menggunakan bagan single elimination untuk memperebutkan hadiah total US$500 ribu.

Ini adalah pertama kalinya turnamen Rocket League yang mempertandingkan perwakilan negara sehingga turnamen ini mungkin akan menyuguhkan tontonan yang berbeda dari yang biasanya. Pemilihan game Street Fighter V juga sangat tepat. Pasalnya, Street Fighter V atau genre fighting games sangatlah populer di Jepang. Dengan demikian, ini akan mempermudah Intel untuk memperkenalkan esports kepada masyarakat Jepang tepat sebelum dimulainya Olimpiade Tokyo 2020.

Bagi Anda yang ingin mewakili Indonesia di ajang ini, pendaftaran akan dibuka pada tanggal 2 Maret 2020. Anda bisa mendaftarkan diri melalui website resmi Intel World Open.