1 March 2022

by Lukman Azis

Intel Tingkatkan Performa Laptop Thin-and-light Terbaru Dengan Prosesor 12th Gen Intel Core P-series Dan U-series

12th Gen Intel Core mobile processor akan hadir di lebih dari 250 desain laptop thin-and-light tahun ini

Banyak keunggulan yang ditawarkan oleh laptop thin-and-light. Bodi tipis, ringan, tetapi cepat dengan pengalaman premium sangat membantu penggunanya tetap produktif sepanjang hari, baik di rumah, di kantor, maupun saat bepergian.

Kemampuan laptop thin-and-light keluaran tahun 2022 ini juga bakal meningkat. Intel melengkapi lini produk prosesor mobile 12th Gen Intel Core dengan secara resmi meluncurkan prosesor 12th Gen Intel Core P-series dan U-series yang dirancang untuk memberi kekuatan pada laptop-laptop thin-and-light generasi terbaru.

Perangkat pertama dengan prosesor 12th Gen Intel Core P-series dan U-series akan hadir pada Maret 2022. Dengan lebih dari 250 model laptop akan hadir tahun ini dari Acer, Asus, Dell, Fujitsu, HP, Lenovo, LG, MSI, NEC, Samsung, dan lainnya.

"Setelah peluncuran prosesor mobile tercepat kami khusus untuk gaming, kami sekarang memperluas jajaran prosesor 12th Gen Intel Core untuk menghadirkan lompatan performa yang luar biasa untuk laptop thin-and-light. Dari form factor ultra-tipis hingga performa sekelas laptop enthusiast dalam desain yang ramping, kami memberikan performa terdepan dan teknologi mutakhir kepada konsumen dan dunia bisnis," Ujar Chris Walker, Intel corporate vice president and general manager of Mobility Client Platforms.

Seperti keluarga prosesor 12th Gen yang lain, prosesor mobile terbaru Intel untuk desain laptop thin-and-light ini didasarkan pada performance hybrid architecture dari Intel yang menampilkan kombinasi Performance-core (P-cores) dan Efficient-cores (E-cores). Dari video call, web browsing, hingga pengeditan foto, workload akan ditempatkan secara cerdas pada core yang tepat pada waktu yang tepat, untuk multitasking yang optimal dengan Intel Thread Director pada Windows 11.

Dengan mengambil keuntungan penuh dari performance per watt yang ada dalam teknologi proses Intel 7, prosesor mobile 12th Gen Intel Core untuk laptop thin-and-light, akan menyajikan fitur-fitur sebagai berikut:

  • Arsitektur core terbaru hingga 14 core (6 P-cores dan 8 E-cores).
  • Grafis terintegrasi Intel Iris Xe dengan sampai 96EU.
  • Dukungan memori yang luas untuk DDR5/LPDDR5 dan DDR4/LPDDR4.
  • Peningkatan dengan multi-thread performance yang 70 persen lebih cepat.
  • Peningkatan 3D rendering hampir dua kali lipat – ideal untuk para kreator saat bepergian.
  • Performa produktivitas dengan kemampuan editing foto yang 30 persen lebih cepat.
  • Intel Wi-Fi 6E (Gig+) terintegrasi untuk peningkatan performa wireless, responsiveness, dan reliability.
  • Thunderbolt 4 untuk solusi perkabelan yang cepat dan reliable ke dock, layar, atau aksesoris apapun.
  • Intel IPU 6.0 untuk kualitas image dan efisiensi daya yang tinggi, untuk pengalaman video conference yang lebih baik.

Tentang Intel Evo, Third Edition

Di bawah spesifikasi edisi ketiga yang baru, desain laptop dengan badge Intel Evo akan menjalani workload paling intensif. Menguji kondisi yang sebenarnya untuk memastikan pengalaman video conference yang unggul, selain daya tanggap cepat, instant wake, daya baterai panjang, dan fast charging.

Melalui upaya co-engineering mendalam dengan 150 mitra ekosistem, diharapkan akan ada lebih dari 100 sistem Intel Evo yang terverifikasi tahun ini. Termasuk untuk pertama kalinya laptop dengan layar dan desain lipat (foldable) dengan 12th Intel Core H-series.

Co-engineering dan real-world testing dari Intel diperluas kepada mitra-mitra penyedia aksesoris tahun ini melalui program Engineered for Intel Evo. Beberapa brand monitor Thunderbolt, dock, storage, dan headset Bluetooth akan bergabung dengan jajaran aksesoris canggih yang sudah ada dalam program ini antara lain Poly, Anker, Kensington, Dell, HP, Belkin, Samsung, Sabrent, OWC, dan lainnya.