Dark
Light

Intel: Pada Akhirnya Grand Theft Auto V Akan Dirilis di PC

1 min read
October 10, 2013

Masuk satu lagi alasan dalam daftar ‘mengapa Rockstar harus merilis Grand Theft Auto V di PC’. Setelah peluncurannya yang besar-besaran beberapa minggu lalu, Rockstar masih bungkam soal versi PC dan next-gen console GTA5. Berbicara dengan PC Gamer, sang Director of Marketing Intel Premium Notebooks Chris R. Silva berpendapat bahwa cepat atau lambat game fenomenal ini akan dirilis di PC.

Ia mengajukan sebuah teori yang saya juga pernah kemukakan pada kawan-kawan sesama gamer PC: Console last-gen berada dalam masa-masa terakhir hidupnya. Tampaknya stok – baik Xbox 360 dan PlayStation 3 – masih tersisa cukup banyak di vendor dan distributor. Sebagai usaha terakhir Microsoft dan Sony untuk ‘menjual’ console tuanya, mereka membuat sebuah kesepakatan dengan Rockstar (atau dengan Take-Two Interactive sebagai parent company mereka) agar untuk sementara waktu Grand Theft Auto V menjadi gamelast-gen console exclusive‘.

Itu berarti ada banyak sekali uang yang berpindah tangan, padahal kita sudah mendengar berbagai macam rumor bahwa akan ada versi PC GTA5: dari mulai kode Grand Theft Auto V PC yang muncul dalam versi Xbox 360 hingga rumor yang menyatakan bahwa Anda sudah bisa mem-pre-order-nya mulai dari sekarang. Satu hal yang membuat banyak orang tidak terlalu ambil pusing adalah seri GTA selalu dirilis di PC – walaupun pengumuman Grand Theft Auto IV versi PC sendiri terlambat empat bulan setelah versi console-nya dirilis.

Tentu saja berkat nama besar Steam, pasar PC terlalu besar untuk diabaikan dan hanya perusahaan gila yang mau menyia-nyiakan kesempatan ini. Silva menjelaskan bagaimana ekosistem PC yang selalu berkembang, “Jika Anda melihat keuntungan yang dihasilkan dunia PC gaming mencapai puluhan miliar dolar tiap tahun. Ekosistem ini sangat luar biasa beragam dan menjadi kekuatan utamanya.” Walaupun penjualan laptop dan PC diklaim berkurang, namun permintaan hardware dan periferal terpisah selalu bertambah tiap tahunnya.

Saya mengerti mengapa tidak sedikit gamer PC yang menanti kejelasan Grand Theft Auto V. Seri ini terlahir di PC, namun semenjak Rockstar mulai populer dengan Grand Theft Auto III, mereka semakin melupakan ‘rumah kelahiran’ mereka. Setelah dikecewakan dengan port Grand Theft Auto IV yang tidak stabil serta Max Payne 3 yang kurang matang, banyak orang mulai mempertanyakan kredibilitas Rockstar dan ‘kepedulian’ mereka pada platform PC.

Saya akan membuat sebuah perbandingan. The Last of Us adalah salah satu game eksklusif Sony PlayStation 3 yang dirilis baru-baru ini. Sony melaporkan bahwa penjualan The Last of Us sangat laris dan merupakan kandidat game terbaik tahun 2013. Namun angka penjualan game eksklusif ini dikalahkan begitu saja oleh Grand Theft Auto V versi PS3. Sebesar itulah Grand Theft Auto V. Hingga saat ini terhitung sebanyak 1 miliar gamer PC. Anda bisa bayangkan potensi keuntungan yang bisa Rockstar dapatkan dengan merilisnya di platform ini.

Bagaimana menurut Anda?

Sumber gambar: PC Gamer.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

IGN Akan Berkunjung Ke Jakarta, Daftar Sekarang Juga!

Next Story

Indosat Resmi Luncurkan Inkubator Baru, Ideabox

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Intel Jalin Kolaborasi Hadirkan Ekosistem dan Platform AI Terbuka Bagi Enterprise AI

Sederetan perusahaan teknologi seperti Intel, Anyscale, Articul8, DataStax, Domino, Hugging

Intel Masuki Arena Kompetisi Enterprise Generative AI dengan Chip Gaudi 3

Chip Gaudi 3 yang diklaim lebih kencang dari Nvidia ini