Mobile
for SEO
Mobile

Unggah Foto ke Instagram Sekarang Tidak Harus “Kotak”

28 August 2015Bambang Winarso

Instagram mulai kemarin waktu setempat mengubah tradisi foto “kotak” di layanannya. Melalui update terbaru, kini pengguna yang gemar mengabadikan momen atau objek-objek unik bisa menampilkan hasil kreasinya dalam format landscape atau portrait.

Hal ini disampaikan langsung oleh Instagram melalui blog resminya. “Thingking outside the square” jadi headline utama, menandai perubahan yang sepertinya sudah sejak lama jadi unek-unek para pengguna setia Instagram.

Memang format kotak telah lama menjadi standar dan idealisme Instagram, sayangnya format ini bagi penikmat seni visual dinilai membatasi ruang gerak dan kreasi mereka. Sebab ketika mengunggah foto dalam format landscape atau portrait, Instagram mewajibkan mereka untuk memotong foto agar sesuai dengan ukuran standar. Alhasil, sebagian dari objek di dalam foto harus dihapus. Bayangkan jika yang dihapus itu adalah teman atau keluarga Anda, kira-kira apa kata mereka? Hal serupa juga dialami oleh pengunggah video.

Info Menarik:Instagram Rombak Explore Tab Dan Tingkatkan Fitur Pencarian

Untungnya sekarang Instragram telah memberikan dukungan untuk kedua format tersebut yang berlaku untuk foto dan video. Di Instagram versi 7.5, kini foto yang hendak diunggah dapat diatur agar terlihat dalam format landscape atau portrait. Sebuah tombol sudah ditambahkan di sebelah kiri bawah untuk melakukan tugas tersebut.

instagram update_1

Berikutnya setelah format gambar dipilih, maka foto yang dibagikan akan terlihat sebagaimana format tersebut. Tidak lagi kotak seperti sebelumnya. Tapi tenang, jika Anda masih belum bisa “moveon”, format berukuran kotak masih bisa dipergunakan.

Pelepasan dukungan untuk format landscape dan portrait ini dilatar-belakangi oleh riset bahwa ternyata satu dari lima foto atau video yang diunggah ke Instagram bukan dalam format kotak.

Sekarang untuk bisa mencoba dukungan format baru ini, Anda harus update aplikasinya melalui Play Store bagi Android dan App Store bagi pemilik perangkat iOS.

Sumber gambar header Neirfy/Shutterstock.com.

Play video

17 May 2022

Review Xiaomi Redmi Note 11 Pro, Sajikan Pengalaman Premium Dengan Desain Lebih Kekinian

Bulan lalu, saya kedatangan Poco M4 Pro dan disusul Xiaomi Redmi Note 11 Pro. Dua smartphone ini mengusung spesifikasi ...

Others from #HybridTV