8 April 2015

by Glenn Kaonang

Instagram Perkenalkan Dua Tool Penyuntingan Foto Baru: Color dan Fade

Saat meluncur pertama kali di platform iOS pada tahun 2010, Instagram tidak lain hanyalah sarana berbagi foto dengan konsep yang sangat sederhana: pilih foto yang ingin diunggah, crop dengan bentuk persegi, lalu pilih filter retro yang diinginkan dan upload.

Selang lima tahun kemudian, Instagram telah bertumbuh menjadi sebuah aplikasi photo editing yang cukup lengkap. Mendekati akhir tahun lalu, 'anak' Facebook ini memperkenalkan fitur Adjust, dimana pengguna bisa menyunting fotonya lebih lanjut, menyesuaikan berbagai parameter seperti tingkat kecerahan, kontras, saturasi, white balance dan lain sebagainya.

Mengikuti tren tersebut, Instagram kembali memperkenalkan dua tool baru untuk melengkapi fitur Adjust miliknya, yakni Color dan Fade. Keduanya dirancang agar pengguna bisa lebih kreatif dalam berkarya.

Info menarik: Buat Kolase Foto dengan Aplikasi Baru Buatan Instagram, Layout

Sesuai namanya, tool Color memungkinkan kita untuk memberikan tint berbagai warna pada area shadow (gelap) dan highlight (terang). Buat pengguna aplikasi VSCO Cam, saya yakin Anda pasti paham dengan maksud saya.

Gampangnya, Anda bisa menambahkan warna kemerahan atau keunguan pada area bayangan di foto, atau sebaliknya, warna kekuningan pada area yang cerah seperti tembok atau langit. Total ada 9 warna yang bisa diaplikasikan sebagai tint, baik pada shadow maupun highlight.

Tool kedua, yakni Fade, memungkinkan kita untuk memberikan kesan pudar pada foto secara keseluruhan. Sekali lagi, tool ini mirip seperti yang ditawarkan oleh aplikasi VSCO Cam, menambahkan kesan yang lebih ‘tenteram’ pada foto yang kita unggah.

Dua tool baru ini akan hadir pada update terbaru aplikasi Instagram, sudah dimulai secara bertahap versi 6.19.0 di platform Android dan selang beberapa hari ke depan untuk versi 6.10.0 di iOS.

Sumber: Instagram Blog. Gambar header: Instagram via Shutterstock.