13 December 2013

by Yoga Wisesa

Instagram Meluncurkan Instagram Direct

Terhitung dengan lebih dari 100 juta pengguna aktif, tidak sedikit pengguna aplikasi jejaring sosial dengan fungsi utama photo dan video-sharing fenomenal yang diperkenalkan tiga tahun lalu ini bertanya-tanya mengapa pengembangnya tidak juga melengkapi Instagram dengan kemampuan mengirim foto dan video langsung ke individu yang diinginkan. Instagram Direct merupakan jawaban para pengembangnya.

Instagram memungkinkan kita semua berbagi foto pada sesama penggunanya, fitur ini juga menjadi medium bagi para 'fotografer dadakan' untuk mencari reputasi di antara sesamanya. Tetapi bagaimana jika Anda ingin agar beberapa foto tersebut ditujukan untuk teman-teman terdekat saja dengan lelucon-lelucon yang hanya dimengerti oleh mereka?

Untuk mengisi 'kekosongan' fitur ini, Instagram Direct dibuat secara terintegrasi ke dalam Instagram. Saat Anda membuka app ini, Anda akan melihat ikon baru di sebelah kanan feed home. Saat Anda menekannya, Anda akan mengakses inbox berisi video dan foto yang dikirim oleh pengguna lain.

Mengirim foto juga semudah menggunakan aplikasi ini sendiri. Tekan tombol kamera untuk masuk ke bagian capture video atau foto dan juga layar editing. Di sebelah atas layar share, Anda akan melihat opsi untuk langsung saling berbagi dengan para Follower atau untuk mengirimnya ke orang tertentu - dengan memilih Direct. Silakan pilih nama-nama orang yang ingin Anda kirimkan foto, jangan lupa tulis pesan Anda, kemudian tap tombol send.

Baik foto dan video yang dikirim oleh orang-orang yang Anda follow akan langsung muncul di inbox. Tetapi jika Anda tidak saling mem-follow, maka ia akan masuk ke laman request, dan Anda tinggal memutuskan ingin melihatnya atau tidak. Setelah mengirim foto, Anda akan tahu siapa saja yang melihat foto tersebut serta siapa saja yang menyukainya bahkan mengetahui siapa saja yang berkomentar saat itu.

Satu hal yang perlu diingat, jika Anda menghapus post yang telah dikirim, foto atau video itu juga akan menghilang dari Instagram dan orang-orang yang Anda kirimkan tidak lagi bisa mengaksesnya, seperti layaknya post standar yang Anda lakukan di dalam Instagram. Dengan Instagram Direct, Anda kini bisa saling berbagi foto-foto yang lebih 'pribadi'.

Via Blog.Instagram.com.