Dark
Light

Instagram Kini Memiliki Lebih dari Setengah Miliar Pengguna

1 min read
June 22, 2016

Peningkatan kualitas kamera smartphone dari tahun ke tahun yang sangat signifikan membuat layanan berbagi foto dan video macam Instagram semakin naik daun. Menjalani debutnya hampir enam tahun silam, Instagram kini sudah memiliki lebih dari 500 juta pengguna, dan 300 juta di antaranya merupakan pengguna aktif yang memakai Instagram setiap harinya.

Angka setengah miliar ini cukup fenomenal, apalagi mengingat baru sembilan bulan yang lalu Instagram mengumumkan jumlah penggunanya telah menembus angka 400 juta. Sebagai perspektif, Amerika Serikat yang merupakan negara dengan populasi terbesar ketiga saja dihuni oleh sekitar 323 juta jiwa.

Meski Amerika Serikat merupakan kampung halamannya, nyatanya sebagian besar pengguna Instagram – lebih dari 80 persen – tinggal di luar Negeri Paman Sam tersebut. Yup, komunitas pengguna Instagram punya ragam budaya yang begitu luas.

Pertumbuhan jumlah penggunanya juga tergolong cepat; saat diakuisisi oleh Facebook pada bulan April 2012, jumlah pengguna Instagram waktu itu hanya berkisar 30 juta saja. Pun demikian, 500 juta masih tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan WhatsApp atau malah Facebook sendiri.

Baik WhatsApp dan Facebook sejauh ini sudah menembus angka 1 miliar pengguna. WhatsApp mencapainya di bulan Februari lalu, sedangkan Facebook mempunyai 1,65 miliar pengguna aktif per akhir Maret 2016 kemarin.

Sumber: VentureBeat dan Instagram Blog. Gambar header: Instagram via Pixabay.

Previous Story

Xiaomi Redmi 4 Diduga Kuat Bakal Ditenagai Prosesor Deca-Core dari MediaTek

Next Story

Pro dan Kontra Investasi Ekuitas dan Pembiayaan Utang

Latest from Blog

Don't Miss

Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi
Twitter X

Setelah Twitter Ganti Nama, Merek Dagang “X” Ternyata Dipegang oleh Meta

Pada 23 Juli 2023, Elon Musk secara terbuka mengumumkan perubahan