22 July 2015

by Aditya Daniel

Instagram Bawa Fitur Pencarian di Laman Webnya

Berbicara tentang inovasi maka hal tersebut wajib untuk setiap layanan online yang tersedia di jaman digital sekarang ini. Tentunya inovasi yang dihadirkan harus lebih mempermudah serta menambah kenyamanan pengguna. Hal tersebut nampaknya diamini benar oleh Instagram yang kini berada di bawah naungan Facebook.

Baru-baru ini Instagram melakukan peningkatan kualitas foto yang dapat dibagikan pengguna melalui layanannya. Jika sebelumnya kualitas foto terbatas hanya di 640 x 640 pixel, kini para pengguna bisa menikmati foto berkualitas hingga 1080 x 1080. Foto yang lebih tajam dan jelas tentunya lebih enak dipandang dan itu yang diharapkan oleh Instagram demi memanjakan penggunanya.

Selanjutnya Instagram juga merombak explore tab dan meningkatkan fitur pencarian yang terdapat dalam aplikasi mobile-nya di platform Android dan iOS. Melalui fitur ini pengguna bisa mencari foto yang sesuai dengan tema yang diinginkannya. Perombakan explore tab memungkinkan pengguna untuk mengetahui foto yang sedang populer secara real-time.

Info Menarik: Google Perkenalkan Aplikasi Baru, Google Photos

Masih terkait pencarian dalam layanan Instagram, meski belum menghadirkan aplikasi resmi untuk Desktop namun kini para pengguna bisa melakukan pencarian baik menggunakan hashtags, user, tempat tertentu ataupun keyword melalui situsnya. Hal tersebut diumumkan Instagram melalui akun Twitter resminya.

Instagram menampilkan hasil pencarian dalam dua bagian, Most Popular dan Most Recent. Tentunya Anda juga bisa memberikan likes serta comment pada foto yang menarik. Kehadiran fitur ini tentu menjadi penting sebab kini para pengguna dapat lebih nyaman menggunakan Instagram melalui laman web-nya.

Instagram sendiri belum berencana menghadirkan aplikasi desktop resmi. Meski demikian bagi yang menginginkan aplikasi desktop untuk bermain Instagram, Anda bisa mencoba aplikasi alternatif pihak ketiga bernama Grids.

Info Menarik: Instagram Perkenalkan Fitur Hashtag Emoji dan 3 Filter Baru

Fitur pencarian di laman web Instagram tentunya akan membawa kabar gembira bagi sebagian besar penggunanya. Pasalnya kini Instagram tak lagi sekedar layanan berbagi foto melainkan juga pasar jual-beli online yang menyediakan beragam produk.

Fitur pencarian di laman web tak hanya menguntungkan para penjual karena produknya semakin mudah untuk ditemukan, dan di sisi lain berguna juga bagi para pembeli yang semakin mudah untuk mencari barang idamannya dengan fitur baru ini.

Sumber:

">Twitter Instagram.