24 March 2022

by Lukman Azis

Insta360 Umumkan ONE RS, Action Camera Modular Dengan Lensa Dan Core Baru

Lensa baru tersebut ialah 4K Boost Lens di atas sensor 1/2 inci 48 MP dan core baru yang ditingkatkan

Insta360 telah mengumumkan action camera dengan lensa yang dapat dicopot pasang, yaitu Insta360 ONE RS. Seperti Insta360 ONE R, generasi terbaru ONE RS juga mengadopsi desain modular yang terdiri dari tiga bagian utama, meliputi baterai, prosesor, dan tiga pilihan lensa. Ia dapat digunakan sebagai action camera tradisional atau kamera 360 derajat.

Fitur baru pada Insta360 ONE RS salah satunya ialah 4K Boost Lens di atas sensor gambar tipe 1/2 inci dengan resolusi 48 MP, yang menjanjikan foto dan video wide-angle yang detail. Core yang ditingkatkan menghadirkan stabilisasi dalam kamera yang lebih baik, audio yang lebih tajam, dan banyak lagi.

Berkat desain modular, komponen 4K Boost Lens dan Core yang baru kompatibel dengan ONE R generasi sebelumnya. ONE RS juga dapat menggunakan lensa 5,7K 360 dan lensa wide-angle 1 inci 5,3K yang direkayasa bersama Leica dengan sensor gambar berukuran 1 inci untuk menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik. Terlepas dari lensa yang digunakan, action camera ini memiliki bodi tangguh dan tahan air hingga 5 meter dengan sertifikasi IPX8.

4K Boost Lens ini menawarkan focal length 16 mm, aperture f2.4, serta mampu merekam video 4K/60p dan foto beresolusi penuh 48 MP Nantinya pengguna dapat memilih dua mode, yaitu Active HDR dan 6K Widescreen.

Mode Active HDR menawarkan dynamic range yang ditingkatkan tanpa menimbulkan ghosting dan membuat rekaman tetap stabil saat Anda bergerak. Sedangkan pada mode 6K Widescreen, pengguna dapat menghasilkan footage 6K dalam rasio 2.35:1 dengan memanfaatkan lebar penuh dari sensor gambar 48 MP.

Selain itu, Insta360 ONE RS membawa fitur stabilisasi baru FlowState melalui hardware sehingga pengguna tidak perlu lagi memproses rekaman melalui aplikasi Insta360 untuk memanfaatkan stabilisasi. FlowState juga berfungsi untuk menjaga horizon level, tidak peduli bagaimana Anda memutar kamera selama perekaman, nantinya bisa diperbaiki melalui aplikasi.

Sementara, Core baru pada Insta360 ONE RS menghadirkan beberapa peningkatan yang menarik. Termasuk mikrofon tambahan, WiFi yang 50% lebih cepat, fungsi Zoom Instan untuk memperbesar secara digital hingga 2,7x selama perekaman, dan quick menu yang menawarkan akses mudah ke mode pemotretan prasetel.

Mounting bracket-nya juga didesain ulang, menampilkan mekanisme pelepasan cepat untuk mengganti lensa dengan cepat, penutup mikrofon tahan angin, dan panel pembuangan panas untuk memastikan kamera tetap dingin selama merekam dalam durasi panjang.

Sebagai perangkat modular, Insta360 ONE RS memiliki banyak pilihan paket pembelian yang berbeda. Untuk Twin Edition yang mencakup ONE RS Core, 4K Boost Lens, dan 360 Lens dibanderol dengan harga US$549,99 atau sekitar Rp7,8 jutaan.

Sumber: DPreview