5 January 2023

by Lukman Azis

Inilah yang Baru Pada Laptop Gaming ASUS ROG di Tahun 2023

Laptop Gaming ROG akan ditenagai CPU dan GPU generasi terbaru dan membawa peningkatan pada sistem pendinginnya

Lewat ajang CES 2023, ASUS mengumumkan jajaran laptop gaming ROG terbarunya untuk tahun 2023. Mereka akan ditenagai oleh CPU dan GPU generasi terbaru dari AMD, Intel, dan NVIDIA. Serta dibekali peningkatan yang signifikan pada sistem pendinginnya.

Termasuk ROG Strix SCAR edisi 2023 yang hadir dengan opsi layar baru, yaitu 16 inci dan 18 inci. Kemudian Zephyrus M16 yang dibekali dengan AniMe Matrix, serta ROG Flow X13 dan ROG XG Mobile dengan desain baru guna memaksimalkan kinerja hardware generasi anyar.

Apa yang Baru di Laptop Gaming ROG 2023?

Laptop gaming ROG 2023 akan ditenagai prosesor Intel Core generasi ke-13 yang mengkombinasikan Performance dan Efficient core. Juga ada prosesor AMD Ryzen Zen 4 yang menghadirkan jumlah core lebih banyak dari generasi sebelumnya. Serta chip grafis NVIDIA GeForce RTX 40 Series yang mendukung berbagai teknologi grafis terkini seperti DLSS 3 dan AV1 encoding.

Di tahun 2023, ASUS ROG akan menghadirkan layar yang tersertifikasi ROG Nebula ke lebih banyak lini laptop gaming dibandingkan tahun sebelumnya. Dari laptop gaming ringkas 13 inci hingga laptop kelas performance dengan layar 18 inci.

ASUS ROG juga meningkatkan performa sistem pendingin eksklusifnya yaitu ROG Intelligent Cooling Technology dengan menghadirkan full-width heatsink dan Tri-Fan Technology ke dalam sistem pendinginnya.

Full-width heatsink merupakan heatsink dengan desain membentang di bagian belakang bodi laptop. Berkat desainnya yang unik, full-width heatsink memiliki area pelepasan panas yang lebih luas sehingga membuat sistem pendinginan dapat berjalan lebih efisien.

Sementara Tri-Fan Technology merupakan teknologi kipas yang menggunakan tiga kipas untuk mendinginkan seluruh komponen yang ada di dalam laptop ROG. Karena menggunakan tiga kipas, aliran udara akan dapat disalurkan secara lebih baik ke dalam sistem pendinginan di laptop ROG dan membuat proses pendinginan dapat berjalan optimal tanpa mengorbankan tingkat kebisingan.

Rangkaian Laptop Gaming ROG 2023

ROG Strix SCAR 2023 kembali tampil sebagai laptop gaming kelas performance. Mereka hadir dengan desain baru yang mengakomodasi layar lebih besar yaitu 16 dan 18 inci. Dengan layar ROG Nebula HDR Display berteknologi panel Mini LED, beresolusi QHD, dan memiliki refresh rate 240Hz.

Mereka dibekali dengan ROG Intelligent Cooling Technology yang menggunakan full-width heatsink dan Tri-Fan Technology. Ditambah dengan Thermal Grizzly Conductonaut Extreme liquid metal yang diaplikasikan langsung ke CPU dan GPU-nya.

Di sektor dapur pacu, laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core generasi ke-13 hingga i9 13980HX dengan konfigurasi 8 Performance-core dan 16 Efficient-core. Berpadu chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 4090 dengan TGP 175W dan masih memiliki thermal headroom yang memungkinkan performanya untuk ditingkatkan lebih jauh lagi.

Pindah ke ASUS ROG Strix G16 dan G18 yang juga ditenagai prosesor Intel Core hingga i9 13980HX dan NVIDIA GeForce RTX 4090. Sedangkan untuk ROG Strix SCAR 17 dan ROG Strix G17 akan ditenagai dengan prosesor AMD Ryzen Zen 4 yang menggunakan konfigurasi hingga 16 full-performance core.

Beralih ke lini laptop ROG Zephyrus, ROG Zephyrus M16 yang dirancang untuk gamer dan konten kreator hadir dengan desain baru. Tetap mempertahankan portabilitas, namun menghadirkan sistem pendingin baru yakni full-width heatsink dan Tri-fan Technology.

Berkat sistem pendingin baru tersebut, ROG Zephyrus M16 kini dapat bekerja pada TDP 25W lebih tinggi dibandingkan dengan model tahun lalu. Hasilnya prosesor Intel Core i9 13900H dan NVIDIA GeForce RTX 4090 dapat bekerja secara lebih optimal.

ROG Zephyrus M16 juga kembali hadir dengan MUX Switch dengan NVIDIA Advanced Optimus. Dilengkapi dengan layar ROG Nebula HDR dan AniMe Matrix LED sehingga membuatnya tampil beda dibandingkan dengan laptop gaming 16 inci lainnya.

Untuk ROG Zephyrus G16, ia menggunakan prosesor hingga Intel Core i9-13900H dan chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 4070 yang dilengkapi MUX Switch dengan NVIDIA Advanced Optimus. Laptop ini mengusung layar ROG Nebula berukuran 16 inci QHD dengan refresh rate 240Hz.

Bagi para pecinta laptop powerful berukuran 14 inci, ROG Zephyrus G14 hadir dengan kombinasi prosesor AMD Ryzen Zen 4 CPU dan chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 4090 dengan dukungan MUX Switch serta NVIDIA Advanced Optimus. ROG Zephyrus G14 juga akan hadir dengan varian yang menggunakan layar ROG Nebula Display dan tetap dibekali dengan AniMe Matrix.

Selanjutnya ROG Zephyrus Duo 16 yang dibekali dengan layar kedua touchscreen 4K dan layar utamanya menggunakan ROG Nebula HRD berukuran 16 inci. Ia dibekali dengan prosesor hingga AMD Ryzen Zen 4 yang memiliki 16 core dan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 4090 dengan dukungan MUX Switch dan NVIDIA Advanced Optimus.

Tablet Gaming ROG Flow X13, ROG Flow Z13, & ROG Flow X16

Lini ROG Flow merupakan laptop gaming dengan desain detachable 2-in-1 yang sepenuhnya dapat digunakan sebagai tablet gaming. Generasi terbaru ROG Flow X13 edisi 2023 pun hadir dengan sederet upgrade dari seri pendahulunya. Termasuk prosesor AMD Ryzen Zen 4 dan chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 4070, serta menggunakan liquid metal sebagai thermal compound untuk CPU-nya, sehingga suhu pada CPU dapat ditekan hingga 13°C.

Meski memiliki dimensi 100mm lebih kecil dibandingkan dengan pendahulunya, ukuran keyboard tetap dipertahankan dan kapasitas baterainya justru ditingkatkan dari 62 Wh menjadi 75 Wh. Bagian engselnya didesain ulang dan dirancang agar dapat memberikan rongga udara lebih lega saat pemakaian.

ASUS juga menghadirkan tekstur khusus pada bagian belakang layar ROG Flow X13 yang berbahan aluminium agar mudah untuk dipegang dan dibawa bepergian. Untuk layarnya, ROG Flow X13 menggunakan layar 13 inci ROG Nebula Display dengan resolusi QHD dan refresh rate 165Hz.

Beralih ke ROG Flow Z13 yang membawa peningkatan dari sisi GPU. Tablet gaming paling tersebut dibekali dengan chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 4060 Laptop GPU dengan TGP 65W. Dapat diartikan memiliki peningkatan performa grafis hingga 62% dibandingkan dengan model tahun sebelumnya. ROG Flow Z13 juga tetap dibekali dengan sistem pendingin berbasis vapor chamber, dilengkapi MUX Switch dan NVIDIA Advanced Optimus, serta liquid metal thermal compound.

Terakhir, ROG Flow X16 2023 yang kini tampil dengan prosesor Intel Core i9-13900H dan NVIDIA GeForce RTX 4070 dengan dukungan MUX Switch dan NVIDIA Advanced Optimus. Layarnya kembali menggunakan ROG Nebula HDR berteknologi Mini LED, dengan tingkat kecerahan maksimal hingga 1.100 nits, refresh rate 240Hz, dan berlapis Corning Gorilla Glass DXC yang dapat mengurangi tingkat refleksi cahaya hingga 40%.

Menemani seluruh lini ROG Flow tahun ini adalah ROG XG Mobile, external GPU terbaru yang ini ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce RTX 4090 dengan TGP hingga 175W. ROG XG Mobile hadir dengan desain yang jauh lebih ringkas dan ringan, serta dibekali dengan sederet port untuk menambah fungsionalitasnya.