Semakin memahami kedalaman adopsi platform Android di Indonesia, MoboMarket merilis sebuah hasil riset yang cukup unik mengenai perilaku dan gaya hidup masyarakat dalam menggunakan gadget berbasis Android.
Dengan serangkaian data yang dimiliki, MoboMarket berharap semakin banyak peluang yang bisa dimanfaatkan oleh banyak pihak demi kesuburan industri mobile di Tanah Air.
MoboMarket sendiri telah dikenal sebagai sebuah marketplace aplikasi Android yang berfokus menjajarkan karya-karya kreasi anak bangsa, sehingga penggunaan aplikasi pengembang lokal dapat diperkenalkan dalam skala nasional.
“Melalui laporan ini, kami ingin memberikan wawasan mengenai tren dan situasi pasar mobile di Indonesia. Kami berharap informasi ini dapat berguna bagi para pelaku industri mobile internet, terutama para pengembang aplikasi, dalam mempelajari dan memahami karakteristik para pengguna mobile di negeri ini. Untuk mendukung perkembangan ekosistem mobile internet di Indonesia, kami juga berencana untuk merilis laporan ini secara rutin pada setiap kuartal,” papar Bao Jianlei, Managing Director of Baidu Indonesia.
Sejauh ini, MoboMarket mengklaim telah memiliki 517.000 aplikasi, dengan 1.000 di antaranya merupakan aplikasi asal Indonesia. Dari seluruh aplikasi tersebut, MoboMarket mencatat total 265 juta distribusi aplikasi telah dilakukan oleh para penggunanya selama kuartal keempat tahun 2014.
Game merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh oleh para pengguna, yakni sebanyak 43%. Setelah game, aplikasi favorit yang paling banyak diunduh adalah sosial media (12%) dan aplikasi foto (11%).
Jenis game yang paling banyak diunduh adalah casual game atau game ringan, yakni sebanyak 16%. Jenis game lain yang disukai oleh pengguna, antara lain game bergenre arcade (16%), balapan atau racing (12%), action (11%), dan game olah raga (7%).
Meskipun game menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh oleh pengguna, namun dari sisi update, game menjadi aplikasi yang cukup jarang diperbarui, yakni hanya sebanyak 12%. Hal ini menunjukkan rentang waktu pemakaian game oleh pengguna tidak terlalu lama.
Sementara itu, jumlah update aplikasi-aplikasi sosial seperti Facebook, BlackBerry Messenger, dan Line menempati porsi terbanyak, yakni sebesar 39%. Artinya ialah mayoritas pengguna membutuhkan aplikasi sosial untuk jangka waktu yang panjang dan kebanyakan dari mereka memiliki tiga hingga empat aplikasi sosial dalam ponsel mereka.
Kebanyakan pengguna Android yang mengakses MoboMarket di Indonesia, yakni sebanyak 31,89%, menggunakan smartphone berukuran 4” dengan resolusi layar 800 x 480 piksel.
Perihal waktu, secara garis besar pengguna mulai mengakses ponsel mereka dengan aktif mulai pukul 17:00 WIB dan mencapai waktu puncak akses pertama pada pukul 20:00 WIB, yaitu saat mereka beristirahat sepulang bekerja.
Uniknya, waktu puncak tertinggi adalah pada pukul 23:00-24:00 WIB. Hal ini mengindikasikan kebanyakan pengguna terbiasa bermain dengan ponsel mereka sebelum tidur. Sedangkan titik terendahnya ialah pada pukul 03:00 WIB.
[Foto: MoboMarket]
—
*) Artikel ini merupakan advertorial yang disponsori oleh MoboMarket.
toko aplikasi yang pengertian sampai melakukan survey pasar demi mengetahui selera pengguna aplikasinya, keren