16 December 2016

by Glenn Kaonang

Inilah Lucid Air, Sedan Elektrik yang Siap Merebut Takhta Tesla Model S

Sanggup hasilkan tenaga sebesar 1.000 hp, dan siap menempuh jarak sejauh 640 km dalam satu kali charge

Hampir dua bulan setelah memberikan teaser mengenai sedan elektrik perdananya, Lucid Motors akhirnya mengungkap penantang Tesla Model S bernama Lucid Air tersebut. Sesuai dugaan, tampilannya cukup sporty dan tidak kalah futuristis dibanding Model S.

Seperti yang sebelumnya diberitakan, performa merupakan salah satu aspek yang paling diprioritaskan oleh Lucid Motors. Prediksi semburan tenaga sebesar 900 hp ternyata meleset, Lucid Air malah lebih ganas lagi dengan total daya 1.000 hp yang dihasilkan oleh kedua motor elektriknya.

Tampak belakang Lucid Air / Lucid Motors

Latar belakang pendirinya yang merupakan mantan karyawan Tesla mengindikasikan pengalaman panjang mereka di bidang pengembangan baterai. Benar saja, Lucid Air yang berbekal baterai berkapasitas 100 kWh atau 130 kWh ini dapat menempuh jarak hingga 640 kilometer sebelum perlu di-charge kembali, jauh di atas varian teratas Model S sekalipun.

Sporty dan futuristis di luar, Lucid Air ternyata mewah dan elegan di dalam. Kabin yang lapang makin dimaksimalkan dengan atap kaca transparan. Dashboard yang didominasi oleh layar sentuh berukuran masif turut didukung oleh sound system istimewa yang mengandalkan sebanyak 29 speaker dan teknologi noise cancelling.

Dashboard Lucid Air didominasi oleh layar sentuh raksasa, mirip seperti yang Tesla lakukan / Lucid Motors

Sederet teknologi canggih juga telah disematkan ke Lucid Air. Di antaranya sistem kemudi otomatis yang diklaim akan terus bertambah sempurna lewat software update – persis seperti yang dilakukan Tesla – dukungan perintah suara, dan teknologi fast charging yang diklaim tidak akan mengurangi 'umur' baterai.

Lucid Air sendiri sebenarnya masih dikategorikan sebagai konsep, sehingga mungkin bakal ada yang berubah pada versi produksinya nanti. Lucid Motors mengaku telah menerima pesanan sebanyak 250 unit, yang akan dipenuhi di tahun 2018. Masing-masing unitnya akan ditawarkan seharga $160.000.

Atap kaca transparan semakin menambahkan kesan lapang pada kabinnya yang sudah amat lega / Lucid Motors

Sumber: Road & Track dan Lucid Motors.