21 January 2016

by Glenn Kaonang

Inilah 10 Aplikasi Smartphone Terpopuler di Tahun 2015 Menurut App Annie

Dibagi menjadi dua kategori: yang paling sering diunduh dan yang paling sering digunakan

Sebagai pengguna smartphone, pastinya kita ingin tahu aplikasi apa saja yang paling sering diunduh dan digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, mungkin kita bisa merujuk pada daftar aplikasi Android terbaik tahun 2015 keluaran Google. Untuk skala dunia dan yang mencakup Android dan iOS, App Annie punya laporan lengkapnya.

10 aplikasi yang paling sering diunduh baik di Android dan iOS adalah sebagai berikut:

  1. WhatsApp Messenger
  2. Facebook Messenger
  3. Facebook
  4. Instagram
  5. Clean Master
  6. 360 Mobile Security
  7. Skype
  8. YouTube
  9. UC Browser
  10. Snapchat

Yang sangat menarik, empat aplikasi yang menduduki posisi teratas semuanya adalah milik Facebook. WhatsApp sendiri sepertinya bakal terus bertambah populer di tahun ini, terlebih setelah Facebook menggratiskannya untuk selamanya.

Menarik juga mengetahui kehadiran aplikasi yang masuk dalam kategori Utility seperti Clean Master dan 360 Mobile Security. 360 Mobile Security, seperti yang bisa kita lihat perkembangannya di tanah air, tidak henti-hentinya memasang iklan TV setiap harinya. Di sisi lain, UC Browser membuktikan bahwa ia adalah browser alternatif pilihan nomor satu di kancah perangkat mobile.

Kalau tadi adalah yang paling sering diunduh, daftar berikutnya adalah 10 aplikasi dengan jumlah pengguna aktif terbesar setiap bulannya. Sayangnya, daftar ini hanya mencakup pengguna iOS saja, tapi paling tidak kita bisa mendapat gambaran tentang aplikasi apa saja yang pasti dibuka orang-orang setiap harinya.

  1. Facebook
  2. Facebook Messenger
  3. YouTube
  4. WhatsApp Messenger
  5. Instagram
  6. Google Maps
  7. Twitter
  8. Snapchat
  9. Google
  10. Gmail

Lagi-lagi Facebook mendominasi, dan kalau melihat daftar keseluruhannya, kategori media sosial memang merupakan aplikasi yang paling sering digunakan. Namun kalau dilihat lagi, ternyata kesepuluh aplikasi ini hanya berasal dari empat perusahaan saja, yakni Facebook, Google, Twitter dan Snapchat.

Lebih lanjut, meski data dikumpulkan dari pengguna iOS, aplikasi buatan Apple sendiri ternyata sama sekali tidak masuk dalam daftar. Soal navigasi, mayoritas pengguna iOS sepertinya masih lebih percaya dengan Google Maps ketimbang Apple Maps.

Sumber: SlashGear. Gambar header: iPhone 6 via Shutterstock.