15 August 2014

by Yoga Wisesa

Ini Dia Video Gameplay Metal Gear Solid V: The Phantom Pain Berdurasi 15 Menit

Beberapa hari lalu sebuah berita gembira diumumkan. Dalam livestream MGS di ajang Gamescom, Hideo Kojima membuat sebuah pemberitahuan mengejutkan: Metal Gear Solid, sebuah seri game stealth-action yang telah lama menjadi kebanggaan Konami di home console, akhirnya juga akan tersedia di platform Windows PC melalui Steam.

Untuk membuat ketertarikan dan hype tetap tinggi, sang publisher beberapa kali telah memamerkan video gameplay dengan durasi cukup lama demi memuaskan rasa penasaran gamer yang menanti peluncuran Metal Gear Solid V: The Phantom Pain melalui livestream Gamescom.

Tapi mungkin seperti saya, Anda melewatkannya begitu saja. Jangan khawatir, user YouTube bernama Shirrako menyempatkan diri untuk merekam video tersebut agar kita semua bisa menyaksikannya. Ini dia:

 

Info menarik: Versi Next-Gen Grand Theft Auto V Membuat Hideo Kojima Depresi?

 

Dalam video di atas, developer Kojima Productions kembali mendemonstrasikan permainan di sebuah level yang pernah diperlihatkan di ajang Electronic Entertainment Expo lalu. Tempat tersebut di-setting di Afganistan, namun berjalan dengan alur sangat berbeda. Seperti permainan Metal Gear Solid sejati, The Phantom Pain menyajikan humor dan lelucon khas yang terintegrasi ke gameplay.

Contohnya saja seperti dalam demo ini, Big Boss (karakter yang Anda mainkan) menggunakan kotoran kuda yang ia 'jatuhkan' di tengah jalan untuk menggelincirkan mobil jip musuh - dan membuat penumpangnya kelihangan kesadaran. Agar tidak meninggalkan jejak, Big Boss lalu memasangkan balon di jip, dan kendaraan itu langsung melesat ke udara.

Kemudian di tengah video, Anda juga bisa melihat Big Boss kembali menggunakan kotak kardus sebagai alat untuk membantunya mengendap-endap di markas musuh. Kardus tersebut adalah salah satu benda ikonik seri Metal Gear semenjak ia pertama kali diperkenalkan di tahun 1987.

 

Info menarik: Ternyata Rise of the Tomb Raider Adalah Game Eksklusif Microsoft Xbox One

 

Fitur menarik lain adalah game ditawarkan dengan dunia yang terbuka, membuka kesempatan bagi pemain dalam menggunakan taktik dan pendekatan berbeda untuk menyelesaikan level. Faktor siang dan malam juga berpengaruh. Lawan lebih aktif saat siang, namun mereka akan berpatroli di batas perimeter yang lebih jauh saat malam. Ketika matahari terbenam, musuh juga lebih kesulitan melihat Anda.

Bagian paling spesial dari Metal Gear Solid V: The Phantom Pain ialah bagaimana game mampu merespon gaya bermain Anda sebelumnya. Jadi misalnya Anda terlalu banyak membungkam lawan dengan tembakan di kepala, pada sesi selanjutnya pasukan musuh akan mengenakan helm pelindung. Melalui metode ini, The Phantom Pain memberikan kita pengalaman berbeda tiap kali memainkannya.

Metal Gear Solid V: The Phantom Pain rencananya diluncurkan pada awal tahun 2015 untuk PlayStation 4, Xbox One, PlayStation 3 dan Xbox 360. Belum ada info lebih lanjut apakah versi Windows PC akan dirilis berbarengan dengan sepupu console-nya, atau sedikit lebih terlambat.

Gambar header: Konami-Europe.com.