Berbicara tentang konten di internet, akan sangat menarik jika kita mencoba menelaah apa saja yang menjadi perhatian para pengguna di Indonesia. Berhubung saat ini sedang momen Ramadhan, mari kita lihat hal apa saja yang populer terkait Ramadhan dari hasil pencarian di Yahoo! Indonesia.
Hasil pencarian populer yang berhubungan dengan Ramadhan di Yahoo! pertama adalah ‘Zakat Fitrah’, yang merupakan salah satu kewajiban bagi umat muslim untuk menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan.
Hal populer selanjutnya adalah yang berhubungan dengan pakaian, ada beberapa pencarian populer berkaitan dengan pakaian, antara lain ‘model baju gamis’, dimana orang melakukan pencarian karena ingin mengetahui model baju ini yang sedang tren untuk dipakai beribadah, baik saat Tarawih atau Lebaran. Pencarian popular pakaian yang lain adalah ‘batik busana muslimah’, dimana pengguna mencari tempat rekomendasi untuk membeli busana muslimah. Jenis pakaian lain yang menjadi pencairan populer adalah ‘Kaftan 2012’.
Informasi jadwal juga menjadi hal yang dicari pengguna, seperti ‘jadwal puasa Ramadhan’ serta ‘jadwal Imsakiyah’. Informasi tentang Al-Qur’an juga menjadi hasil pencarian populer, terutama untuk versi online karena praktis dan bisa diakses langsug dari internet.
Hasil pencarian populer di bulan Ramdhan juga tentunya ada yang berhubungan dengan makanan. ‘Resep kue Lebaran’ dan Resep buka puasa praktis’ adalah dua hal yang menjadi pencarian populer di Yahoo! Indonesia.
Sedangkan pencarian populer terakhir adalah tentang ‘info mudik gratis’, yang merupakan hasil pencarian yang cukup menarik, kerena ternyata pengguna aktif mencari informasi mudik gratis yang biasanya diadalah oleh perusahaan, departeman pemerintah, komunitas atau yang disponsori brand.
Beberapa pencarian populer di Yahoo! Indonesia ini sebenarnya bisa menjadi bahan informasi yang cukup berharga bagi para pihak, misalnya untuk pelaku bisnis atau pemilik merek atau organisasi nirlaba yang butuh menjalankan program di bulan Ramadhan. Meski tahun ini momen puasa ini sudah mau selesai, namun bisa menjadi bahan acuan untuk persiapan tahun depan.
Yahoo! sendiri menggabungkan jutaan pencarian yang dilakukan setiap hari di berbagai properti Yahoo! untuk memberikan hasil pencarian yang berhubungan dengan apa yang dipikirkan dan dibahas para pengguna internet.
Sumber: Rilis pers dari Yahoo! Indonesia.