20 December 2012

by wiku

Ini Daftar Pemenang Acara Lumia Apps Olympiad dari Nokia

Setelah membuka pendaftaran dan menjalankan serangkaian workshop sejak pertengahan bulan November lalu, Nokia akhirnya mengumumkan para pemenang dan juara umum untuk acara Lumia Apps Olympiad. Acara kompetisi aplikasi untuk Windows Phone ini juga didukung oleh Evernote, Radya Labs, Kompas Gramedia dan Merah Putih Incubator.

Acara yang berhasil menarik 420 partisipan dari berbagai kampus di Indonesia ini memberikan berbagai kategori untuk para peserta mengembangkan aplikasi berdasarkan ketersediaan API dari layanan yang sudah ada. Mulai dari layanan Evernote, IpayMu, KrazyMarket, MindTalk, dll, termasuk kategori yang memaksimalkan fitur yang ada di perangkat Nokia seperti Nokia Maps Navigation, serta Near Field Communication.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa keanggotaan Nokia Premium Developer Program senilai $1500 serta hadiah khusus dari sponsor kategori. Pemenang pertama akan mendapatkan juga ponsel Nokia Lumia. Semua aplikasi yang masuk ke babak final akan dibantu dalam hal promosi oleh Microsoft Indonesia dan Nokia Indonesia.

Acara ini memang berorientasi pada peserta kampus, karena pemenang utama atau kampus yang menyertakan peserta paling banyak mendapatkan medali akan mendapatkan hadiah khusus. Kampus yang jadi juara umum akan mendapatkan Nokia Innovation Lab di tahun 2013, sebuah program (materi kursus, workshop, perangkat Nokia) dari Nokia untuk para mahasiswa yang mengembangkan aplikasi mobile.

Berikut daftar lengkap para pemenang termasuk perolehan medali. Kampus yang menjadi juara umum adalah Universitas Gajah Mada dengan 31 medali dan berhak mendapatkan program Nokia Innovation Labs di tahun 2013.

&

Kategori API Bolalob1. Microsans dari Universitas Gadjah Mada2. ViCode dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik3. Kasper dari Institut Teknologi TelkomKategori API EverNote1. Petek Malang dari Universitas Brawijaya2. Pujangga dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember3. MobiApps dari Sekolah Tinggi Teknik SurabayaKategori API iDEA1. Shabii iDEA dari Institut Teknologi Bandung2. The One dari Institut Teknologi Telkom3. Ready To Rock dari Politeknik Negeri BandungKategori API Infokost1. Septiyan dari Universitas Muhammadiyah Malang2. Namaste Infokost dari Institut Teknologi Telkom3. Noname dari Universitas Atma Jaya YogyakartaKategori API IPAYMU1. Margonda dari Universitas Indonesia2. imagiNation dari Institut Teknologi Telkom3. Namaste IPAYMU dari Institut Teknologi TelkomKategori API KawanKu1. Beta Team dari Universitas Gadjah Mada2. Shabii KawanKu dari Institut Teknologi Bandung3. Guntoro dari Institut Teknologi TelkomKategori API KrazyMarket1. Laskar Lumia dari Universitas Gadjah Mada2. Zero One dari UIN Syarif Hidayatullah3. Littleman dari Universitas MachungKategori API Lintas.ME1. OneSquare dari Institut Teknologi Telkom2. Novaldo Caesar dari Institut Pertanian Bogor3. 920 Mania dari Institut Teknologi Sepuluh NopemberKategori Near Field CommunicationKategori LensesKategori API Mashape *1. Pondok Sukabirus dari Institut Teknologi Telkom2. KEPO dari Institut Teknologi TelkomKategori API Mindtalk1. Luminascape dari Universitas Indonesia2. Mindtalk Capture dari Universitas Sanata Dharma3. Sae dari Politeknik TEDC BandungKategori API Nokia Maps & Navigation1. Pation dari Universitas Padjajaran2. Appkitchens dari University of Hertfordshire3. Coffee-Dev dari Institut Pertanian BogorKategori API Nokia Music1. Creacle Play dari Universitas Gadjah Mada2. Codelabs Music dari Universitas Komputer Indonesia3. WaterMelon dari Universitas Ibn KhaldunKategori API Nova1. Buzzle Indonesia dari Institut Teknologi Bandung2. Codelabs Nova dari Universitas Komputer Indonesia3. I Want The Red Lumia dari Universitas Gadjah MadaKategori API OngkosKirim1. Adib dari Institut Teknologi Bandung2. Pandago Studio dari Universitas Indonesia3. Area54 dari UIN Syarif HidayatullahKategori API Tees1. Nekonesia dari Universitas Gadjah Mada2. TeesMetro dari Institut Pertanian Bogor3. RaionTees dari Universitas BrawijayaKategori API Urbanesia1. if304 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember2. Namaste Urbanesia dari Institut Teknologi TelkomKategori Games dengan API XNA1. Solite Studio dari Universitas Trunojoyo2. Thell dari Institut Teknologi Bandung3. Laurensius Game dari Universitas Widya DharmaKategori Games dengan API XNA PRO1. Own Games dari Universitas Katolik Parahyangan2. Simpleton dari Universitas Brawijaya3. Aksara Studio dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember

 

Selain dari para pemenang di atas, Ridi Ferdiana, dosen UGM juga mendapatkan rekomendasi untuk masuk ke program AppCampus, program dari Microsoft, Nokia dan Aalto University yang memberikan dana penelitian sampai dengan $75.000.

Selamat pada para pemenang dan semua peserta yang telah mengikuti acara kompetisi ini, semoga aplikasi yang dikembangkan juga mendapatkan unduhan yang baik dan diminati oleh pengguna Windows Phone.

Sumber: DailySocial (+ gambar). Data pemenang dikutip dari Nice.