Dark
Light

Informasi Tambahan Tentang Layanan Online Payment Lokal iPayMu

2 mins read
January 6, 2011

Beberapa teman saya cukup tertarik dengan kemunculan iPayMu sejak awal Desember kemarin, kebetulan saya juga tertarik untuk lebih jauh mencari tahu tentang siapa tim dibalik iPayMu serta fasilitas apa yang akan mereka kembangkan.

Saya kemudian mengontak iPayMu dan mendapatkan beberapa keterangan tambahan tentang layanan mereka untuk melengkapi tulisan tentang iPayMu di DailySocial beberapa waktu yang lalu.

Pertanyaan pertama adalah tentang tim dibalik iPayMu, dijelaskan oleh Silvia dari iPayMu, bahwa kantor mereka berada di Bali, Sunset Road Kuta, tim yang mengembangkan iPayMu sebenarnya mempunyai spesialisasi SEO dan web programming yang telah eksis sejak 2002, kemunculan ide untuk membuat layanan iPayMu hadir ketika mereka berhadapan dengan kebutuhan para pebisnis online yang menemukan masalah dengan pembayaran online.

CEO dari iPayMu adalah Riyeke Ustadiyanto (Keke) yang dikenal juga sebagai penggerak UKM Goes Online Indonesia, Mas Keke ini juga merupakan founder dan SEO Creative Director dari Marketbiz.net.

Seperti yang pernah dituliskan di DailySocial, ada tiga layanan yang disediakan iPayMu, pembayaran menggunakan kartu debit, kartu kredit serta menarik dan mengirimkan uang, sebagai tambahan informasi, Silvia juga menjelaskan layanan iPayMu sebagai berikut:

  1. Dukungan pembayaran online untuk Produk, Donasi, Produk Berlangganan (subscription), pembayaran Shopping Cart dan Pembayaran Cepat.
  2. Sepenuhnya mendukung otomatis penagihan berulang untuk langganan (subscription).
  3. Dirancang untuk pertumbuhan, memungkinkan Anda untuk menempatkan berbagai bagian program pada server.
  4. Situs merchant dapat mengenkripsi dengan tombol “Bayar Sekarang”.
  5. Merchant dapat melakukan pembayaran massal.
  6. IPN (pemberitahuan pembayaran instan) pendukung seperti Paypal.
  7. Transfer uang sampai ke 4.000 titik kantor pos seluruh Indonesia.
  8. Tarik tunai di 83 bank di Indonesia.
Layanan yang saat ini telah berjalan adalah transaksi menggunakan kartu debit serta penarikan/pengiriman uang, “Saat ini kami kami sudah berhasil memfinalkan pembayaran online dengan debit card, yaitu deposit sampai penarikan uang melalui atm bersama maupun mobile banking. Pengiriman uang juga telah kami finalisasi”.

IpayMu juga sedang mengembangkan aplikasi-aplikasi plugin yang sesuai dengan WordPress, Drupal, Joomla yang banyak digunakan oleh toko online.

Salah satu yang saya tunggu adalah fasilitas pembayaran dengan kartu kredit, untuk fasilitas ini iPayMu menjelaskan bahwa sebenarnya fasilitas ini telah bisa dijalankan, namun mereka masih melakukan analisis atas keamanan transaksi, jika melihat keterangan situs mereka, layanan ini akan tersedia bulan April 2011.

Untuk merchant yang telah menggunakan layanan iPayMu, ketika saya tanyakan tentang hal ini, Silvia menjelaskan bahwa mereka sedang berkonsentrasi pada aplikasi API untuk para merchant agar mudah terintegrasi dengan layanan iPayMu, “API kami buat untuk plugins open source maupun untuk web developer.” Sedangkan partner atau merchant yang sedang menjalani proses pemasangan API antara lain Tokobagus.comSeoindonesia.org, Admax.co.id, dan berbagai merchant lain.

Beberapa kali, saya ngobrol santai dengan para pelaku bisnis jual online, selain dari yang telah menggunakan layanan toko di shopping mall seperti Tokopedia, dll, mereka yang belum menggunakan sistem online payment, sebenarnya tertarik untuk menggunakan layanan seperti ini, namun ada dua kendala yang masih menjadi pertimbangan, apakah payment system tersebut bisa memudahkan mereka, serta satu lagi apakah para pembeli mau menggunakannya, karena kalau melihat dari pengalaman teman saya ini, pembeli yang berbelanja di toko online mereka, rata-rata masih nyaman dengan sistem pembayaran ‘klasik’, transfer antar bank serta adanya konfirmasi pembayaran, sebuah tantangan, bukan hanya bagi iPayMu tetapi juga bagi layanan pembayaran lain, seperti antara lain Doku, dan KasPay.

Namun iPayMu yakin bahwa masyarakat nantinya akan mengerti tentang nilai lebih yang ditawarkan online payment, dengan memberikan fasilitas dan kemudahan untuk calon pengguna serta partner mereka antara lain dengan fasilitas integrasi website dan kemudahan untuk penarikan uang, didukung pula dengan strategi promosi dengan melakukan edukasi, baik secara online dan offline melalui jejaring sosial serta event, dan terus menambah merchant yang menggunakan layanan mereka.

IpayMu masih versi beta dan masih akan terus berkembang, tahun 2011 juga sepertinya akan menjadi tahun yang lebih ramai untuk dunia jual-beli dan pembayaran online.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Flock Akan Gabung Dengan Zynga

Next Story

Mac App Store Resmi Dirilis

Latest from Blog

Don't Miss

Bank Indonesia akhirnya meresmikan BI Fast Payment (BI-FAST) yang memungkinkan transfer antarbank hanya Rp2.500 untuk transaksi ritel

BI-FAST Diresmikan, Biaya Transfer Antarbank Turun Jadi Rp2.500

Satu per satu implementasi dari Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI)
Open API SNAP Bank Indonesia

SNAP Tandai Dimulainya Standardisasi “Open Banking” Indonesia

Indonesia mulai menyusul negara global lainnya untuk mulai mengimplementasikan standar