29 August 2012

by Amir Karimuddin

Infografis: Gaji Pegawai Bidang Teknologi Informasi di Amerika Serikat Tahun 2012

Berbeda dengan di Indonesia (yang secara umum belum menganggap pegawai IT sebagai pegawa inti), kita tahu bahwa gaji profesi di bidang Teknologi Informasi di Amerika Serikat cukup tinggi. Bisa dibilang bidang ini merupakan salah satu area yang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Tapi berapakah persisnya gaji rata-rata per tahunnya untuk bidang ini? TechRepublic dan Global Knowledge mengadakan survei tahunan untuk mengetahui informasi ini.

Survei ini diikuti oleh 9500 responden dengan usia rata-rata 44 tahun, masa kerja 16 tahun dan 70% di antaranya memiliki tingkat pendidikan Sarjana atau lebih tinggi. Rasio pengisi survei ini, antara laki-laki dan perempuan adalah 3.7 : 1. Dibandingkan survei serupa tahun 2011, ditemukan bahwa lebih banyak orang yang puas dengan pendapatan yang diperolehnya di tahun 2012 ini, di mana secara rata-rata terdapat kenaikan gaji sebesar 5%.

Secara umum, rata-rata nilai tengah gaji pegawai Teknologi Informasi di Amerika Serikat mencapai $84.552 (sekitar Rp 807 juta) per tahunnya, dengan 4.9% responden memiliki pendapatan lebih dari $150.000 (Rp 1.4 miliar).

Lebih lanjut, survei menemukan bahwa sejumlah sertifikasi memberikan andil untuk peningkatan pendapatan, yaitu Six Sigma, Certified Risk and Information System Control (CRISC), Certified Information Security Manager (CISM), Certified Information Systems Auditor (CISA), Project Management Professional (PMP) dan Certified Information Systems Security Professional (CISSP). Sertifikasi-sertifikasi tersebut membuat pemiliknya kebanyakan memiliki pendapatan di atas $100.000 (median base salary).

Berikut adalah infografis lengkap yang dihasilkan oleh TechRepublic dan Global Knowledge untuk tahun 2012:

Hat tip: Bima Satria