7 November 2022

by Dimas Galih W.

Infinix resmi luncurkan Hot 20S, Sasar Para Gamer dengan Budget 2 Jutaan

Infinix menyasar pada pengguna dengan budget terbatas yang gemar bermain game dengan Hot 20s, sehingga mebuat perangkat ini menarik

Seperti janji dari Infinix, mereka bakal meluncurkan perangkat terbarunya di hampir setiap bulannya di tahun 2022. Pada tanggal 4 November 2022 yang lalu, Infinix mengundang para jurnalis dalam acara peluncuran sebuah smartphone baru yang diadakan pada Juni Bar and Lounge Cikini Jakarta. Smartphone yang diluncurkan memiliki nama Infinix Hot 20S. Sasaran dari Hot adalah mereka yang gemar bermain game dengan budget terbatas.

Sergio Ticoalu sebagai Regional Integrated Marketing Manager Southeast Asia Infinix mengatakan bahwa Infinix Hot 20S dihadirkan untuk meneruskan seri Hot yang sudah lama dikenal dengan kemampuan gaming yang ganas. Infinix Hot 20S  menawarkan pengalaman gaming dengan refresh rate tinggi dan chipset gaming dari Mediatek. Untuk hal ini, mereka juga bekerja sama dengan PUBG Mobile agar bisa bermain dengan frame rate yang tinggi. Bahkan Infinix mengklaim bahwa jank, atau rendahnya waktu respons yang diakibatkan oleh rendahnya kinerja sistem, jika dibandingkan dengan perangkat dengan Snapdragon 680.

Infinix Hot 20S menggunakan SoC Mediatek Helio G96 yang memakai 2 inti CPU Cortex A76 berkecepatan 2 GHz dan 6 inti CPU Cortex A55 berkecepatan 2 GHz. RAM yang terpasang memiliki kapasitas 8 GB dan juga terdapat teknologi memori virtual yang mengambil 5 GB dari kapasitas penyimpanan internal yang sebesar 128 GB. Smartphone ini juga memiliki layar dengan dimensi 6,78 inci dengan refresh rate 120 Hz. Semua itu berjalan pada baterai 5000 mAh yang bisa diisi ulang dengan charger 18 watt.

Infinix juga tidak melupakan dari sisi kameranya. Perangkat ini memiliki 3 kamera dengan utamanya mempunyai resolusi 50 MP. 2 kamera lainnya memiliki resolusi 2 MP untuk keperluan makro juga depth untuk bokeh. Infinix juga menyematkan fungsi Super Night Mode yang menjanjikan foto tetap jernih di kondisi rendah cahaya.

Smartphone Infinix Hot 20S dijual dengan harga Rp. 2.499.000. Infinix juga mengeluarkan Neon Edition yang menggunakan teknologi Multi-phase Color Changing pada bagian belakangnya, selain edisi biasa yang berwarna hitam dan biru. Perangkat ini bisa langsung didapatkan mulai dari tanggal 3 Oktober 2022 melalui ecommerce dan toko smartphone secara offline.

Mencicipi Infinix Hot 20s

Cuaca yang sedang ekstrim saat ini membuat saya cukup was-was untuk kembali setelah acara berlangsung. Oleh karena itu sambil menunggu berhentinya hujan, saya mencoba perangkat yang satu ini. Sayang memang, karena koneksi WiFi yang kurang kencang membuat download file dengan kapasitas besar sepertinya tidak memungkinkan.

Infinix Hot 20s memang merupakan sebuah smartphone dengan UI yang cukup responsif. Layarnya yang memiliki refresh rate 120Hz juga sangat terasa mulus pada saat saya navigasikan seperti geser ke kanan, kiri, atas, maupun bawah. Perangkat ini juga terasa cukup kokoh saat digenggam. Sepertinya memang aman untuk ditaruh pada kantung belakang celana.

Untuk menguji kemampuannya, untung sekali saya membawa perangkat dengan file Antutu. Oleh karena setiap Android dengan GMS memiliki Nearby Share, saya langsung saja mentransfer apk Antutu dan melakukan instalasi pada Infinix Hot 20S. Dan berikut adalah hasil benchmarking Antutu pada Infinix Hot 20s

Dengan harga sekitar 2,5 juta dan mendapatkan angka 350 ribuan di Antutu tentu saja membuatnya bisa digunakan untuk segala kegiatan. Perangkat ini tentu saja akan bisa dipakai untuk bermain game dengan lancar walaupun hanya dengan setting rendah. Angka tersebut juga menandakan bahwa perangkat ini akan cukup baik bila dipakai untuk bekerja dan melakukan editing untuk keperluan sosial media.

Lalu bagaimana dengan kameranya? Hasilnya memang lumayan. Namun, kameranya memang tidak bisa menangkap gambar dengan tajam. Saya juga masih melihat adanya noise pada sisi-sisi gelap di gambar yang diambil dengan kamera ini. Akan tetapi untuk keperluan sehari-hari, seharusnya kamera ini sudah cukup dalam mengambil momen.

Berikut adalah contoh gambarnya