Dark
Light

Menyasar Kawasan Pedesaan, Indosat Ooredoo dan Facebook Luncurkan Kampanye “Internet 1O1”

1 min read
October 15, 2019
Internet 1O1 menyediakan akses internet dan kurikulum dan pelatihan penggunaan internet untuk masyarakat
President Director & CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al Neama (kiri) bersama Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI, Semuel Abrijani Pangerapan (tengah), dan VP Global Mobile Partnership Facebook, Francisco Varela (kanan) saat meluncurkan Internet 1O1

Bertujuan memperluas literasi digital di pedesaan, Facebook menggandeng Indosat ooredoo menghadirkan “Internet 1O1”, sebuah kampanye nasional untuk meningkatkan adopsi mobile internet di Indonesia. Melalui kampanye ini Indosat akan menyediakan infrastruktur konektivitas internet memanfaatkan ekosistem yang terdapat di Indosat, sementara Facebook akan menyediakan kurikulum dan pelatihan tentang penggunaan internet.

“Internet memiliki kekuatan untuk menyalurkan suara publik dan membantu mereka menemukan dan membagikan pengetahuan, memperkuat ekonomi, dan mengembangkan komunitas. Membantu masyarakat mendapatkan hasil yang maksimal dari sumber daya yang kuat lebih dari sekedar konektivitas fisik, kami bangga bekerja sama dengan Facebook di Indonesia untuk meningkatkan kesadaran diantara pengguna internet pemula tentang peluang yang ditawarkan oleh internet. Kampanye nasional ini kan membantu memperkuat upaya inklusi digital dan mendorong orang-orang untuk menggunakan internet secara bertanggung jawab dan aman,” ujar President Director & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al Neama.

Masih besarnya kesenjangan digital antara penduduk di kota besar dan pedesaan menjadi salah satu alasan mengapa kegiatan ini dilancarkan. Indosat Ooredoo mencatat, sekitar 45% masyarakat tinggal di area pedesaan. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara berkembang lain di Asia Pasifik dan kondisi Indonesia sebagai negara kepulauan dapat membuat biaya pembangunan infrastruktur menjadi tinggi. Riset GSMA juga menunjukkan bahwa 97% populasi di Indonesia yang tidak memiliki ponsel tinggal di area pedesaan.

Di sisi lain, fasilitas yang disediakan oleh Indosat Ooredoo dan Facebook diharapkan bisa memberikan edukasi yang akurat untuk masyarakat di pedesaan agar bisa lebih bijaksana mengonsumsi informasi yang tersedia secara online. Nantinya kampanye Internet 1O1 akan menjangkau jutaan konsumen Indosat Ooredoo dalam setahun ke depan hingga 15 Oktober 2020 di seluruh Indonesia.

“Facebook selalu menantikan untuk dapat bekerja sama dengan mitra lokal guna mencapai inklusi internet, dan pada saat yang sama, menjaga komunitas yang aman dan memiliki informasi yang memadai agar dapat terhubung serta berbagi di ranah online. Kami senang dapat bekerja sama dengan Indosat dalam kampanye ini untuk memanfaatkan keahlian kami, sehingga kami dapat membawa lebih banyak masyarakat Indonesia ke ranah online, serta memberdayakan mereka dengan pengetahuan yang mumpuni agar tetap aman saat menggunakan teknologi dan platform digital,” kata VP Global Mobile Partnership Facebook Francisco Varela.

Previous Story

StickEarn Announces Series A Worth of 77.6 Billion Rupiah

Ovo meresmikan layanan smart vending machine SmartCube menargetkan ada 100 mesin terpasang sampai akhir tahun ini di kota-kota besar
Next Story

Rambah Bisnis Big Data, Ovo Resmikan Smart Vending Machine

Latest from Blog

Don't Miss

Pentingnya Industri Telekomunikasi untuk Kembangkan Industri Game dan Esports

Nilai dari industri game meroket selama pandemi COVID-19. Bahkan setelah
Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi