Esports Ecosystem

IESPA Umumkan Keikutsertaan Indonesia di IESF World Cup 2020

12 Aug 2020 | Akbar Priono
IESPA telah selesai melakukan proses entry-by-number untuk 3 cabang game yang dipertandingkan, yaitu Dota 2, Tekken 7, dan eFootball PES 2020.

Indonesia Esports Association (IESPA) mengumumkan keikutsertaannya dalam pertandingan International Esports Federation – World Championships 2020 (IESFWC 2020). Diumumkan pada Selasa 11 Agustus 2020, Kesekjenan IESPA Pusat mengatakan bahwa IESPA telah menyelesaikan proses entry-by-number terhadap gelaran IESFWC 2020.

Turnamen IESF World Championships sendiri memang sedikit beda jika dibandingkan dengan rata-rata turnamen esports internasional lainnya. Biasanya, untuk bertanding di tingkat internasional, sebuah tim harus melalui kualifikasi yang panjang, entah itu lewat liga lokal, ataupun kualifikasi terbuka yang diikuti oleh ratusan bahkan ribuan orang, dari tingkat lokal, regional, sampai akhirnya internasional. Bahkan pembagian jumlah slot untuk beberapa kawasan ataupun negara bisa jadi tidak seimbang, atau malah bisa jadi kesempatannya tidak ada.

Sumber: IESF
Sumber: IESF

Bedanya, gelaran IESF World Championships menggunakan sistem mirip-mirip seperti pertandingan Olimpiade. Sebagai federasi esports tingkat dunia, IESF menaungi asosiasi esports di berbagai negara, termasuk IESPA di Indonesia. Maka dari itu pertandingan IESF World Championships biasanya akan diikuti oleh negara-negara yang dinaungi oleh IESF, dengan proses seleksi dan kualifikasi yang dilakukan di masing-masing negara. Proses entry-by-number merupakan proses penentuan berapa orang yang akan dikirimkan untuk masing-masing cabang game yang dipertandingkan.

Tahun ini, IESF World Championships mempertandingkan 3 game yaitu Dota 2, Tekken 7, dan eFootball PES 2020. IESPA telah melakukan penentuan jumlah orang yang akan dikirimkan untuk masing-masing cabang, yaitu Dota 2 sebanyak 5 atlet, Tekken 7 sebanyak 1 atlet, dan eFootball 2020 sebanyak 1 atlet.

Terkait keikutsertaan Indonesia di ajang IESF World Championships, Prana Adisapoetra selaku Sekjen IESPA mengatakan. “Ajang IESF World Championships merupakan ajang bergengsi sebagai wadah kompetisi esports tertinggi di level dunia di bawah binaan federasi internasional. IESF saat ini beranggotakan 71 negara anggota, sehingga World Championships tahun 2020 ini akan sangat kompetitif.”

IESF World Championship, pertandingan esports ala Olimpiade menjadi salah satu cara IESF menciptakan pengakuan esports sebagai olahraga. Sumber: IESF
IESF World Championships, pertandingan esports ala Olimpiade menjadi salah satu cara IESF menciptakan pengakuan esports sebagai olahraga. Sumber: IESF

Negara Israel merupakan tuan rumah IESF World Championships tahun 2020, sehingga pertandingan nantinya akan diselenggarakan di kota Eiliat. Normalnya, negara peserta berhak langsung mengirimkan delegasi ke babak Grand Final. Tetapi, berhubung situasi pandemi masih belum reda, akan ada penyisihan tingkat regional yang berlangsung pada Oktober sampai November 2020 mendatang. Nantinya, pemenang masing-masing regional berhak berlaga di babak Grand Final yang akan diadakan pada 6-12 Desember 2020, jika situasi memungkinkan.

Pemilihan kontingen Indonesia nantinya akan dilakukan oleh IESPA, selaku pemegang hak tunggal atas kualifikasi dan seleksi timnas esports Indonesia. Proses seleksi dan kualifikasi akan dilakukan secara berkoordinasi dengan KEMENPORA, dan National Olympic Committees Indonesia agar persiapan berjalan dengan lancar. Namun demikian, belum ada informasi lebih lanjut seputar tanggal ataupun tata-cara seleksi timnas esports untuk IESF World Championships 2020 hingga saat ini.