Dark
Light

Impresi Pertama CMF Phone 1: Gegas, Modular dan Menyenangkan!

2 mins read
July 14, 2024
Unboxing CMF Phone 1

Tulisan berikut ini adalah tulisan tamu oleh Aryo Meidianto – Senior Consultant & Smartphone Market Analysis SEQARA Communications

Diperkenalkan resmi pada 8 Juli 2024, CMF Phone 1 merupakan produk dari sub brand Nothing sebuah merek baru di kancah smartphone yang dikenal dengan bodinya yang transparan dengan lampu LED unik yang memberikan kesan premium dan futuristis.

CMF sebagai sub brand memposisikan diri sebagai brand yang menawarkan desain yang unik dan fungsionalitas. Sesungguhnya agak sulit mencari apa itu arti CMF, namun beberapa sumber yang saya temukan mengartikan CMF sebagai Color, Material, Finish yang merujuk pada desain produk yang menarik.

Terus terang, semenjak awal kemunculan rumor perangkat ini di internet, saya merasa sangat tertarik sekali dengan perangkat ini. Hal ini membuat saya memutuskan untuk membeli perangkat ini, 5 hari dari tanggal peluncuran resmi.

Konsep kosmetik modular memberikan sebuah angin segar dikala kebosanan dengan desain perangkat smartphone yang terkesan itu-itu saja. Dan, keputusan membeli perangkat ini sangat tepat! CMF Phone 1 memberikan beberapa kejutan baru bagi saya!

Desain Modular, Bawa Semangat Project Ara

Desain CMF by Nothing memang membawa semangat hal yang sudah lama dicetuskan oleh Google, sang empunya Android. Desain modular sejatinya diperkenalkan untuk memberikan flexibilitas kepada pengguna dengan semangat dapat menyesuaikan dan mengganti perangkat keras untuk mengatasi ketidakpuasan pengguna terhadap spesifikasi yang ditawarkan produsen. Namun, apa yang dilakukan oleh CMF by Nothing sedikit berbeda. Dengan konsep yang sama, CMF Phone 1 mengambil konsep modular dari sisi estetika.

Unboxing CMF Phone 1

Sejatinya, CMF Phone 1 menawarkan konsep modular pada ranah kosmetik dengan menawarkan backplate yang dapat diganti-ganti. Perusahaan rintisan Carl Pei ini menawarkan tiga warna backplate kepada penggunanya: hitam, oranye dan hijau lime. Ada satu warna yang dikhususkan untuk pasar India saja: biru. Kebetulan, perangkat yang saya miliki berwarna hijau lime dengan tambahan backplate biru. 

Unboxing CMF Phone 1

Selain backplate konsep yang saya sebut sebagai kosmetik modular ini juga ditawarkan oleh CMF by Nothing dalam bentuk kickstand, card case dan lanyard. Ketika saya membeli perangkat ini, penjual sudah menyertakan tambahan berupa satu buah backplate dan kickstand yang masing-masing dijual terpisah dan bisa didapatkan dengan harga 35 Euro atau sekitar 600 ribu rupiah dan 25 Euro atau sekitar 400 ribu rupiah.

Sistem Operasi Gegas! 

Jika melihat spesifikasi yang ditawarkan terutama dalam sisi prosesor, awalnya saya agak skeptis terutama dalam kelancaran sistem operasi yang ditawarkan. Pasalnya, sejak awal tahun saya diberikan project sebagai beta tester untuk perangkat yang memiliki prosesor yang sama dari pabrikan besar yang akan meluncurkan produknya di Indonesia sebentar lagi.

Impresi yang diberikan pada produk tersebut memberikan kesan prosesor yang digunakan, Mediatek Dimensity 7300, kurang begitu bertenaga, banyak terjadi lagging. Mungkin karena belum merupakan produk final. Namun, kesan itu berubah 180 derajat ketika saya pertama mengaktifkan perangkat CMF sampai dengan perangkat siap yang ditandai dengan munculnya menu beranda. 

Tidak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mempersiapkan perangkat ini, mungkin tidak sampai 2 menit. Impresi terbaik saya ketika menyapukan jari untuk bernavigasi di layar. Sistem operasi CMF Phone 1 terasa sangat gegas!

Perangkat ini dilengkapi sistem antarmuka Nothing OS 2.6 berbasis Android 14. Pada situs resminya, CMF memastikan bahwa Phone 1 akan mendapatkan 2 tahun dukungan untuk peningkatan sistem operasi Android (hingga Android 16) dan 3 tahun untuk peningkatan celah keamanan.

Sempat terpikir bahwa gegasnya Nothing OS 2.6 karena saya belum mengunduh beberapa aplikasi dan menyambungkannya dengan akun Google. Namun, ternyata setelah saya menyambungkan akun dan mengunduh beberapa aplikasi yang wajib di perangkat smartphone saya, Phone 1 tetap memberikan kesan yang sama seperti ketika saya berinteraksi dengannya. Inilah yang membuat saya memutuskan Phone 1 untuk menjadi daily driver kedepan sambil melakukan beberapa pengujian lain, seperti uji kamera.

Unboxing CMF Phone 1

Kesimpulan pada kesan awal: Perangkat Yang Menyenangkan!

CMF Phone 1 adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang mencari smartphone dengan desain yang unik dan menarik, sistem operasi yang gegas, dan harga yang terjangkau (harga perangkat Phone 1 dengan konfigurasi 8/256GB jika dirupiahkan sekitar 4,7 juta).

Dalam segi desain, Phone 1 membawa modular dengan backplate yang dapat diganti-ganti dan tersedia dalam 4 warna pilihan: hitam, oranye, hijau lime, dan biru. Selain itu, perangkat ini dilengkapi dengan aksesoris berupa kickstand, card case, dan lanyard.

Dari segi performa, sistem operasi Nothing OS 2.6 berbasis Android 14 terasa sangat gegas. CMF juga menyatakan dukungan peningkatan sistem operasi Phone 1 hingga Android 16 dan 3 tahun untuk peningkatan celah keamanan. Dengan konfigurasi ini, CMF Phone 1 memberikan saya pada kesimpulan: perangkat yang menyenangkan!

Unboxing CMF Phone 1

Kelebihan:

  • Desain yang unik dan menarik.
  • Sistem operasi yang gegas.
  • Harga cukup terjangkau.

Kekurangan:

  • Spesifikasi prosesor tergolong mid-range.
  • Pilihan backplate dan aksesoris yang masih terbatas.
Previous Story

POCO M6 Hadir Mengisi Posisi Alternatif Pilihan di Kelas Entry Level

Next Story

WhatsApp Kembangkan Fitur AI untuk Membuat Avatar

Latest from Blog

Don't Miss

Review POCO F6

Review POCO F6: Kencang di Kelasnya Bawa Snapdragon 8s Gen 3

Melalui jajaran F Series, POCO selalu mengedepankan jargon ‘Flagship Killer’.

Review OPPO A3 Pro 5G: Tangguh dan Tahan Banting

OPPO A3 Pro 5G hadir di Indonesia dengan membawa fitur