11 October 2022

by Galih

Kominfo Kembali Adakan IGDX 2022, Jumah Peserta Meningkat

Para pelaku industri video game Indonesia akan bertemu di event tahunan ini

Indonesia Game Developer Exchange atau IGDX merupakan acara tahunan yang diselenggarakan untuk menghubungkan para pengembang game di Indonesia dengan berbagai pihak pendukung penting.

Acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Ekonomi Digital Kementerian Kominfo dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) ini mengundang para pelaku industri game. Mulai dari publisher, distributor, penyedia layanan, marketplace,venture capital, hingga pejabat pemerintah.

Untuk tahun ini, IGDX 2022 mencoba mencakup skala yang lebih besar dari tahun sebelumnya. Target tersebut direalisasikan lewat kombinasi acara yang diadakan secara offline dan juga daring.

Beberapa rentetan acara yang diadakan tahun ini antara lain IGDX Academy, IGDX Business, IGDX Conference, dan yang terbaru adalah IGDX Career. Maka dari itu tidak mengherankan bahwa IGDX ini telah berjalan sejak Juli hingga pertengahan Oktober mendatang.

Saat ini rangkaian IGDX 2022 ini sudah berada pada tahap mentoring IGDX Academy dan juga tahap talent matchmacking pada IGDX Carreer. Menariknya, jumlah peserta untuk IGDX Academy tahun ini berhasil meningkat hingga 40% dari IGDX 2021 lalu.

"Sesi mentoring1 in 1 sebanyak 7 sesi per mentor, dan setiap game developer mendapatkan 2 mentor, sehingga total mendapatkan 14 sesi mentorship." ungkap  Ketua Tim Business Matchmaking Kemkominfo, Luat Sihombing melalui siaran persnya.

Luat juga menjelaskan bahwa tujuan utama dari IGDX ini adalah agar para profesional industri game Indonesia dapat naik level ke tahap produk dan bisnis. Untuk itu, IGDX juga menghadirkan berbagai mentor dari para pelaku industri video game baik dari dalam maupun luar negeri.

Di sisi lain, Luat menyampaikan IGDX Career menjadi program talent matchmaking yang dikemas dalam bentuk job fair. Di sana menjadi tempat bertemunya perusahaan-perusahan game di Indonesia dengan talenta lokal berbakat.

Tahun ini dilaporkan ada lebih dari 15 perusahaan game yang membuka lowongan melalui event IGDX Career tahun ini. Proses seleksi untuk IGDX Career bisa terbilang ketat karena telah dimulai sejak 1 Juli dan berlangsung hingga 12 Oktober mendatang.

Event pamungkas untuk rangkaian IGDX 2022 ini adalah IGDX Business and Conference. Dalam event ini para pelaku bisnis seperti publisher, investor, hingga buyer akan dipertemukan. Acara ini sekaligus akan menjadi penutup rangkaian IGDX 2022 yang akan diadakan 14 hingga 16 Oktober 2022 mendatang.