Dark
Light

iflix Bidik Total Pengguna di Indonesia Capai 25 Juta Tahun Ini

1 min read
May 24, 2018
(ki-ka) Jason Monteiro - Commercial Director, iflix; Matthew Collier - Country Manager, iflix Indonesia; Tiara Sugiyono - Head of Marketing, iflix Indonesia; Reza Servia - Creative Producer, Starvision Plus; Ge Pamungkas - Aktor/Pelawak, Susah Sinyal / DailySocial
(ki-ka) Jason Monteiro - Commercial Director, iflix; Matthew Collier - Country Manager, iflix Indonesia; Tiara Sugiyono - Head of Marketing, iflix Indonesia; Reza Servia - Creative Producer, Starvision Plus; Ge Pamungkas - Aktor/Pelawak, Susah Sinyal / DailySocial

Layanan video on demand iflix membidik penambahan pengguna baru, dengan total pengguna diharapkan mencapai 20-25 juta sepanjang tahun ini. Perusahaan akan terus perkuat konten lokal dengan meluncurkan dua judul baru dan mengakuisisi film lokal berkualitas untuk menjadi konten ekslusif.

“Kami targetkan akan pengguna iflix Indonesia tahun ini antara 20-25 juta pengguna. Bagi kami, konten lokal adalah driver utama, kami akan lanjut investasi ke sana,” terang Country Manager iflix Indonesia Matthew Collier kepada DailySocial, kemarin (23/5).

Lebih lanjut, dia menuturkan iflix berencana akan memproduksi dua judul serial pendek baru dan tahun depan ada lima judul yang diperuntukkan khusus untuk Indonesia. Konten original jadi arah iflix untuk merealisasikan target pengguna sebagai daya tarik, terlebih Indonesia kini menjadi pasar utama iflix.

Sejauh ini, iflix baru memiliki dua konten original yang sudah diproduksi iflix diantaranya adalah Oi! Jaga Lambe dan Magic Hour: The Series. Adapun untuk konten eksklusif, perusahaan bekerja sama dengan pihak rumah produksi dalam menghadirkan film box office.

Tak hanya itu, iflix akan terus menambah jumlah katalog konten premium gratis berisi film-film berkualitas. Saat ini konten eksklusif yang sudah ada, seperti Susah Sinyal, Posesif, Pengabdi Setan, Surat Cinta untuk Starla: The Movie, One Fine Day, Jailangkung, London Love Story 1 & 2, Promise, Headshot dan masih banyak lagi.

“Secara katalog konten lokal baru mencapai 10% dari total inventory kami, namun persentasenya mencapai 35% untuk segi durasi tonton. Banyak faktor penyebabnya, seperti halnya konten yang kami hadirkan itu relevan dan tidak spesifik untuk kalangan tertentu saja.”

Collier menjelaskan, hingga Mei 2018 iflix Indonesia telah menggaet 6,2 juta pengguna, sekitar 60%-70% di antaranya adalah pengguna aktif bulanan. Sekitar 60% pengguna adalah pengguna ritel, sedangkan sisanya adalah pelanggan bundling dari kerja sama iflix dengan tiga perusahaan telekomunikasi (Indihome, XL, dan Indosat Ooredoo).

Lokasi pengguna iflix mayoritas berada di Jabodetabek (50%), dan sisanya tersebar di lima kota besar di Indonesia. Bila dibandingkan di November 2017, pengguna iflix saat itu baru mencapai 2,5 juta pengguna, sedangkan di 2016 sebanyak 1 juta pengguna.

Kontributor utama

Secara global, kontribusi iflix Indonesia dari segi pengguna mencapai 47% dibandingkan 26 negara lainnya. Tidak hanya meraup pengguna, Indonesia juga menjadi kontributor iflix dalam mencetak laba. Hanya saja, Collier enggan memberikan detail lebih lanjut.

Terhitung total katalog konten yang dimiliki iflix Indonesia mencapai 21 ribu jam. Total waktu yang dihabiskan pengguna dalam sebulannya mencapai 1,2 miliar menit dan 20 juta jam dalam satu bulannya. Sebanyak 83% pengguna iflix mengakses layanan lewat perangkat smartphone mereka.

Dari segi umur, mayoritas pengguna iflix Indonesia berusia 18-34 tahun (65%), usia 35 tahun ke atas (22%), dan sisanya berusia 18 tahun ke atas (13%). 60% pengguna adalah perempun dan sisanya laki-laki (40%).

Previous Story

Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Battlefield V

CEO DANA Vincent Iswara, CCO Dana Chrisma Albandjar, Direktur Marketing DANA Timothius (Timo) Martin / DailySocial
Next Story

Layanan Pembayaran DANA Tambah Kemitraan dengan TIXid, Reservasi, dan Ramayana

Latest from Blog

Don't Miss

Goplay Studio

GoPlay Rilis Aplikasi “GoPlay Studio” Permudah Kreator Peroleh Penghasilan

GoPlay, layanan live streaming interaktif dari Gojek, memperkenalkan aplikasi “GoPlay

Vidio Umumkan Pendanaan Eksternal Pertama Senilai 2,1 Triliun Rupiah dari Affinity

Vidio, salah satu platform OTT lokal terbesar, mengumumkan pendanaan senilai