Dark
Light

IDC: Pengiriman Tablet Meningkat Selama 2012 (Updated)

1 min read
February 1, 2013

[Updated cek bagian bawah artikel untuk koreksi] IDC masih mengisi penghujung bulan Januari dengan laporan-laporan mengenai pasar perangkat elektronik. Setelah sebelumnya merlis laporan tentang pangsa pasar ponsel pintar, kali ini IDC merilis laporan pengiriman tablet selama kuartal keempat tahun 2012.

Secara umum, pengiriman tablet di seluruh dunia mengalami peningkatan pesat. Dengan total sebesar 52,5 juta unit selama kuartal keempat tahun 2012, pasar tablet mengalami pertumbuhan sebesar 75,3% jika dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun 2011.

Apple masih memiliki pangsa pasar terbesar pada kuartal keempat 2012 lalu. Dengan penjualan tablet sebanyak 22,9 juta unit, Apple memiliki pangsa pasar sebesar 43,6%. Meskipun demikian jika dibandingkan dengan pangsa pasar Apple tahun sebelumnya, persentase ini berkurang dari 51,7% pada tahun 2011.

Sementara pada periode yang sama Samsung justru mengalami peningkatan yang pesat. Meskipun secara jumlah pengiriman Samsung baru mencapai angka penjualan 7,9 juta unit, angka ini merupakan peningkatan sebesar 263% dibandingkan pada kuartal keempat 2011 yang hanya 2,2 juta unit.

Demikian juga dengan Asus. Penjualan tablet Nexus 7 sepertinya membawa peruntungan baik. Angka pengiriman Asus meningkat sebanyak 402,3% dibandingkan tahun 2011. Meskipun secara keseluruhan, Asus hanya memiliki pangsa pasar sebesar 5,8%.

Jika diurutkan, maka lima produsen tablet dengan pengiriman terbanyak selama kuartal keempat 2012 adalah Apple, Samsung, Amazon, Asus, dan Barnes & Noble. Tabel berikut mendeskripsikan dengan lengkap bagaimana kondisi pasar komputer tablet tahun 2012 lalu versi IDC.

Untuk melihat lebih lengkap pemaparan dari IDC, Anda bisa mengunjungi halaman rilis pers resmi IDC pada tautan berikut.

[Ralat]  Sebelumnya pada headline tertulis “IDC: Penjualan Tablet Meningkat Selama 2012”, namun yang lebih tepat adalah “Pengiriman” karena data yang dirilis oleh IDC adalah data “shipment”. Isi di artikel yang berkaitan dengan istilah “penjualan” juga sudah dikoreksi menjadi “pengiriman”.

Previous Story

NHN Line Looking to Boost Local Partnerships to Grow in Indonesia

Next Story

DailySocial dan DyCode Adakan Training Pengembangan Aplikasi Dasar iOS

Latest from Blog

Don't Miss

Sambut Perangkat Baru Samsung Hadirkan Galaxy Experience Spaces

Samsung mengajak para penggemarnya di seluruh dunia untuk menyelami dunia
Sejarah galaxy z fold

Evolusi Galaxy Z Fold Series, Perkembangan Inovasi Smartphone Lipat Samsung

Evolusi Galaxy Z Fold Series, Perkembangan Inovasi Smartphone Lipat Samsung.