Dark
Light

IDC: Penjualan Tablet Akan Melampaui Penjualan PC pada Q4 2013

1 min read
September 13, 2013

IDC sebelumnya sudah beberapa kali melaporkan mengenai menurunnya pangsa pasar komputer personal alias PC. Pada bulan Juli lalu misalnya, IDC melaporkan bahwa pasar komputer personal turun sebesar 11,7% selama Q2 2013 jika dibandingkan Q2 2012. Bahkan sejak pertengahan tahun pun IDC sudah memprediksi bahwa pangsa pasar tablet akan lebih besar dari pangsa pasar komputer portabel pada tahun ini.

Baru-baru ini, IDC kembali merilis prediksi terbarunya. Jika sebelumnya pangsa pasar tablet diprediksi akan melewati pangsa pasar komputer portabel saja, kali ini IDC memperkirakan bahwa pangsa pasar tablet bahkan akan melewati total pangsa pasar komputer personal (gabungan dari komputer desktop dan komputer portabel) pada Q4 2013 ini. Seperti biasa, IDC selalu menggunakan angka pengiriman (shipment) untuk mengindikasikan besarnya pangsa pasar pada laporan-laporannya.

Meskipun demikian, jika dilihat berdasarkan rentang waktu satu tahun, total pangsa pasar komputer personal masih akan lebih besar dari pangsa pasar tablet. Hal ini karena pangsa pasar komputer personal masih “tertolong” oleh angka-angka pada Q1 dan Q2 2013.

Tetapi, jika tren pasar saat ini bertahan, maka IDC memprediksikan bahwa pangsa pasar komputer personal akan terus tergerus. Pada 2017, IDC memprediksikan bahwa jumlah angka pengiriman tablet akan mencapai 406,8 juta unit, jauh lebih besar dari angka pengiriman komputer desktop dan komputer portabel yang masing-masing sebesar 123,11 juta unit dan 196,6 juta unit. Prediksi IDC untuk tahun 2013 dan 2017 bisa dilihat pada tabel berikut ini.

Laporan IDC selengkapnya bisa dilihat di tautan ini.

Previous Story

Facebook Mengganti Layanan Credits Dengan Mata Uang Lokal

Next Story

Asus Luncurkan Tablet Berbasis Windows 8.1 Transformer Book T100

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Penjualan PC awal 2023 turun

Penjualan PC Awal Tahun Turun Drastis, Apple yang Terparah

Dengan semakin majunya teknologi smartphone dan tablet, eksistensi PC tradisional
Apple-iPad-10th-gen-lifestyle

IDC: Penjualan Tablet Turun 3,3% Pada Tahun 2022, Chromebook Terjun 48%

IDC telah menerbitkan laporan pengiriman tablet dan Chromebook secara global