14 September 2023

by Dimas Galih W.

Hyundai IONIQ 5 BlueLink Resmi Meluncur di Indonesia

Hyundai secara resmi meluncurkan mobil listrik IONIQ 5 Bluelink yang memiliki kendali jarak jauh melalui smartphone penggunanya

PT Hyundai Motors Indonesia meluncurkan IONIQ 5 yang dilengkapi dengan Hyundai Bluelink pada tanggal 13 September 2023. Pembaharuan ini juga dilengkapi dengan 19 fitur terbaru yang khusus diprogram untuk IONIQ 5 untuk memberikan pengalaman berkendara terbaik di setiap kebutuhan mobilitas pelanggan. Hyundai IONIQ 5 dengan teknologi Bluelink akan mulai tersedia secara nasional di seluruh dealer Hyundai mulai hari ini.

IONIQ 5 merupakan mobil listrik pertama yang menggunakan Electric-Global Modular Platform (E-GMP), yang dirancang khusus oleh Hyundai Motor Group untuk model mobil listriknya. E-GMP memungkinkan IONIQ 5 untuk memiliki kapasitas baterai yang besar, yaitu 58 Kwh untuk Standard Range dan 72,6 KWh untuk Long Range serta memungkinkan pengisian daya menggunakan ultra fast charging dan kompatibilitas dengan berbagai infrastruktur pengisian daya.

Hyundai Bluelink di IONIQ 5 memiliki fitur yang memungkinkan pengguna melakukan kendali jarak jauh pada berbagai fungsi kendaraan, seperti menyalakan, mematikan, serta mengatur suhu di dalam kabin langsung dari aplikasi. Hyundai Bluelink juga memungkinkan pengguna menjadwalkan pengaturan climate control dan pengisian daya langsung melalui aplikasi sehingga fungsi tersebut dapat berjalan otomatis pada waktu yang telah ditentukan.

Salah satu fitur terbaru Hyundai Bluelink di IONIQ 5 adalah fitur EV Driving Range, yang menampilkan dua lingkaran yang masing-masing menunjukkan radius jarak yang dapat ditempuh menggunakan 80% dan 100% dari kapasitas baterai yang tersedia. Fitur ini dapat membantu pengguna untuk merencanakan perjalanan dengan lebih baik.

Selain itu, Hyundai Bluelink juga menghadirkan integrasi antara head unit IONIQ 5 dengan Hyundai Bluelink. Melalui fitur Last Mile Navigation pengguna dapat memindahkan navigasi yang ditampilkan di kendaraan ke aplikasi Hyundai Bluelink ketika lokasi tujuan berjarak 200 m - 2 km dari lokasi kendaraan diparkir. Dengan demikian, pengguna tetap dapat diarahkan ke tempat tujuan melalui navigasi setelah turun dari kendaraan.

Koneksi dari Bluelink tersebut dapat terjadi karena adanya jaringan seluler pada unit mobilnya. Untuk saat ini, koneksi tersebut masih tersedia secara gratis dari Hyundai dan belum ada informasi apakah nantinya akan berbayar atau tidak. Aplikasi Bluelink sendiri bisa digunakan pada smartphone dengan sistem operasi Android dan juga iPhone.

Hyundai IONIQ 5 Bluelink sudah tersedia secara nasional mulai hari ini dengan pilihan harga (OTR Jakarta):

·         IONIQ 5 Bluelink Prime Standard Range: Rp759,000,000,-

·         IONIQ 5 Bluelink Prime Long Range: Rp800,000,000.

·         IONIQ 5 Bluelink Signature Standard Range: Rp820,000,000,-

·         IONIQ 5 Bluelink Signature Long Range: Rp870,000,000,-.

Dengan meluncurkan Hyundai IONIQ 5 Bluelink, menandakan pula bahwa Hyundai IONIQ 5 lama sudah tidak lagi diproduksi. Hyundai IONIQ 5 lama juga tidak bisa melakukan upgrade untuk mendapatkan fungsi Bluelink. Hyundai juga memberikan garansi baterai 8 tahun atau 160.000 km yang membuatnya bisa digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.