8 October 2018

by Glenn Kaonang

Duo Adalah Turntable Ringkas Berbekal Speaker Bluetooth yang Bisa Dilepas-pasang

Speaker-nya bisa berfungsi secara mandiri dan digunakan untuk streaming jika perlu

Selama ini, turntable identik dengan mainan orang-orang tajir karena harus mengandalkan bantuan sistem stereo dan amplifier eksternal. Ketika komputer bisa dijadikan sebuah sistem all-in-one, kenapa turntable tidak? Mungkin seperti itu yang dipikirkan oleh startup asal Taiwan, Hym.

Tahun lalu, Hym memperkenalkan sebuah turntable all-in-one bernama Seed. Tahun ini mereka kembali dengan produk serupa, tapi yang menganut konsep modular. Namanya Duo, dan ia sejatinya merupakan sebuah turntable sekaligus speaker Bluetooth.

Keunikan Duo terletak pada balok kecil berwarna yang dapat dilepas dari unit utamanya dan difungsikan sebagai speaker Bluetooth biasa dengan dukungan codec aptX. Meski ringkas, di dalamnya bernaung dua full-range driver dan dua passive radiator demi menyajikan suara yang memuaskan dan dentuman bass yang mantap.

Mengikuti standar 2018, speaker Bluetooth ini juga dapat dioperasikan via perintah suara (Alexa). Namun tidak langsung dari speaker, melainkan menggunakan smartphone sebagai perantaranya.

Lalu ketika dipasangkan pada unit utamanya, Anda bakal mendapat pemutar piringan hitam dalam wujud yang ringkas dan cukup portable. Turntable-nya ini dibekali cartridge Audio Technica AT3600L, dan sebuah tonearm berbekal pegas (bukan pemberat) dengan tracking force 2,5 gram.

Kombinasi ini diyakini cukup presisi, dengan tingkat distorsi di bawah 0,9%. Wadah piringannya yang berdiameter 8 cm cuma seperempat turntable pada umumnya. Kendati demikian, Duo diklaim punya putaran yang stabil, baik untuk playback 33,5 maupun 45 rpm.

Duo bisa dilihat sebagai turntable buat mereka yang baru mulai mengoleksi vinyl dan tidak tertarik dengan setup audio yang ribet. Fleksibilitasnya sebagai speaker Bluetooth yang bisa beroperasi sendiri merupakan nilai tambah yang cukup berfaedah.

Hym saat ini tengah menawarkan Duo melalui situs crowdfundingKickstarter. Harga early bird paling murah yang bisa didapat sekarang adalah $229, jauh di bawah estimasi harga retail-nya ($369). Bundel dengan satu tambahan unit speaker Bluetooth juga tersedia sehingga konsumen bisa menggunakannya dalam konfigurasi stereo.