Esports Ecosystem

Hybrid.co.id Rilis Fitur Paywall, Sajikan Lebih Banyak Artikel Mendalam Ekosistem Esports

29 Sep 2020 | Wiku Baskoro
Fokus pada pembuatan artikel feature, longform dan analisis, akan jadi fitur pertama dari berbagai fitur paywall yang akan dirilis Hybrid.co.id

Menjadi yang pertama terkadang memang penuh resiko, tetapi di dunia digital, menjadi yang pertama adalah sebuah perjalanan yang terkadang tidak terelakkan.

Secara resmi, Hybrid.co.id hari ini mengumumkan bahwa media esports dan gaming ini merilis fitur yang kita kenal dengan nama paywall, atau artikel akses berbayar untuk beberapa konten yang ada di web. Usaha ini adalah usaha selanjutnya dari kami, sebagai media, untuk memberikan sumbangsih pada ekosistem esports.

Dengan merilis paywall, kami bisa berfokus untuk memberikan artikel-artikel yang lebih mendalam, analisis yang lebih tajam atau sajian konten yang lebih lengkap dari sisi data. Tujuannya tidak lain adalah memberikan insights yang cukup signifikan untuk para pelaku, penikmat atau mereka yang tertarik dengan ekosistem esports, khususnya di Indonesia.

Industri esports Indonesia bertumbuh cepat, baik dari sisi pemain, sponsor, penonton bahwa investor. Pemangku kebijakan pun turut rembuk untuk membangun ekosistem yang masih baru ini. Kami di ruang redaksi berpendapat, pertumbuhan yang cepat ini harus didukung oleh penyebaran informasi yang tepat serta analisis mendalam agar bisa menjadi ekosistem yang lebih solid.

Kami di Hybrid melihat bahwa untuk berkembangnya industri dan ekosistem, diperlukan kontenyang mencoba mengurai dan memberi masukan agar ekosistem tumbuh berkembang ke arah yang lebih baik. Demikian juga di ekosistem esports.

Sebagian besar artikel yang ada di Hybrid akan tetap bisa dinikmati tanpa paywall. Berita esports dan gaming, review game atau gadget, serta berbagai informasi menarik lain. Kami menempatkan paywall di artikel terpilih yang kami rasa membutuhkan waktu lebih banyak, analisis lebih dalam serta tambahan konten yang memang layak untuk Anda ‘beli’.

Selain akan memberikan artikel terbaik dan berkualitas tentang ekosistem esports, khususnya di Indonesia, untuk pembaca lokal ataupun internasional yang memang ada di ekosistem, Hybrid juga ingin memberikan informasi yang relevan bagi siapapun yang ingin terlibat di ekosistem esports — termasuk brand dan para investor. Agar ekosistemnya menjadi lebih lengkap, saling support dan sama-sama berkembang.

Seteleh merilis paywall ini, selain mengembangkan fitur ke arah yang lebih baik, Hybrid akan terus menambah artikel feature dan longform, mempersiapkan artikel-artikel khusus dilengkapi dengan infografis serta akan merilis fitur langganan untuk memudahkan para pembaca dalam menikmati artikel berbayar di Hybrid. Kami juga berencana akan merilis berbagai fasiltias berbayar lain termasuk video dan eWorkshop terkait esports.

Tentunya, Hybrid juga terbuka untuk kolaborasi dengan berbagai pihak untuk sama-sama, mengembangkan ekosistem esports di Indonesia.

Keputusan ini juga adalah sebuah langkah cukup berani bagi kami, mengingat sebagian besar penikmat konten di Indonesia masih berpikir bahwa segala informasi yang ada di internet itu gratis. Namun demikian, langkah ini harus diambil sebagai sebuah uji coba sekaligus mungkin pembuktian bahwa pasar esports Indonesia memang memiliki daya beli yang dapat diperhitungkan.

Menjadi media game dan esports dari Indonesia dengan artikel berbayar pertama memang tidak mudah. Namun kami percaya kedewasaan sebuah industri dan ekosistem juga membutuhkan sirkulasi dana yang luas dan cepat, tak hanya dari sponsor semata tetapi juga aliran dana dari komunitas dan pengguna.

Usaha kami tentu saja tidak akan berhasil, tanpa dukungan dari semua bagian ekosistem esports, pembaca, pelaku, dan tentu saja teman-teman sejawat di media. Seperti halnya di ekosistem digital lain, misalnya startup, kolaborasi menjadi salah satu nadi untuk ekosistem agar bisa bertumbuh ke arah yang lebih baik.

Mari.

Feat Image via Deposit Photos.