12 February 2022

by Dimas Galih W.

Huawei Resmi Hadirkan P50 Pro di Indonesia: Smartphone dengan Kamera Terbaik

Akhirnya smartphone dengan kamera yang mendapatkan peringkat nomor 1 pada tahun 2021 dan awal 2022 ini hadir di indonesia

Huawei memulai tahun 2022 ini dengan mengeluarkan sebuah smartphone yang memiliki kamera terbaik di kelasnya. Smartphone yang satu ini juga digadang memiliki kinerja yang tinggi karena Huawei kembali menggunakan Qualcomm Snapdragon. Smartphone yang dimaksud adalah Huawei P50 Pro. Peluncuran dari perangkat ini diadakan langsung secara streaming pada tanggal 11 Februari 2022 melalui Zoom.

Patrick Ru, Country Head of Huawei CBG mengatakan, “Huawei Seri P adalah tentang semangat kami untuk terus menciptakan kualitas, estetika, dan pengalaman fotografi terbaik. Dan sebagai legenda yang terlahir kembali, Huawei P50 Pro mengembalikan jantung fotografi kelas atas melalui kamera True to Life, Huawei XD Optik yang revolusioner, dan peningkatan kualitas fotografi seluler. Smartphone ini juga dirancang sebagai kamera klasik-instan yang menggabungkan bentuk menawan dan fungsi terdepan dalam desain cincin ganda yang ikonik.”

Huawei P50 Pro diluncurkan dengan mengedepankan dari sisi kameranya. Desain yang diusung kali ini dinamakan Dual Matrix yang memisahkan kamera pada dua bundaran berbeda pada bagian belakangnya. Kameranya terdiri dari 50MP True Chroma Camera (utama), 40MP True-Chroma Camera (monochrome), 64MP Telephoto Camera, 13 MP Ultra-Wide-Angle Camera, dan 13 MP True-Chroma Selfie Camera. Kameranya sendiri memiliki teknologi baru dengan membawa Huawei XD Optics dan proses full path yang membuat gambar menjadi lebih baik.

Huawei P50 Pro yang diluncurkan di Indonesia menggunakan sistem operasi Android 11 dengan EMUI 12. Smartphone ini menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 888, namun tanpa membawa fitur 5G. Huawei merasa bahwa perkembangan jaringan 5G di Indonesia masih cukup lambat dan belum bisa dirasakan oleh semua orang. Jadi, fitur 4G lah yang masih langsung bisa dirasakan oleh semua orang karena jaringannya cukup merata.

Pada sisi layarnya, Huawei menggunakan display dengan refresh rate 120 Hz dan touch sampling 300 Hz. P50 Pro membawa baterai dengan kapasitas 4360 mAh dan mampu diisi pada daya 66 watt. Uniknya, Huawei P50 Pro juga memiliki sertifikasi IP68 sehingga aman dari kerusakan akibat terkena air.

Dengan menggunakan EMUI 12, membuat perangkat ini masih menjalankan sistem operasi Android 11 tanpa Google Mobile Services (GMS). Namun, Huawei sudah memiliki HMS (Huawei Mobile Service) sebagai penggantinya. Aplikasi-aplikasi yang sudah mendukung ekosistem HMS juga saat ini sudah banyak. Huawei mengklaim bahwa sebagian besar aplikasi yang digunakan sehari-hari bisa ditemukan pada Huawei App Gallery.

Perangkat kedua yang diperkenalkan adalah True Wireless Stereo yang didesain mirip dengan sebuah lipstik. Nama dari TWS tersebut adalah Huawei Freebuds Lipstick. TWS open fit ini sudah mendukung active noise cancelling dan telah diuji coba diberbagai bentuk telinga. Huawei mengklaim bahwa TWS ini mampu dimainkan seharian hingga 22 jam, dengan 4 jam per sesi.

Hadir dengan dua varian warna, Cocoa Gold dan Golden Black, HUAWEI P50 Pro dipasarkan seharga Rp 14.999.000, dan dapat mulai dipesan secara pre-order pada periode 11-25 Februari 2022. Selama promo tersebut, pelanggan berkesempatan mendapat HUAWEI Watch GT 2 Pro senilai Rp 3.999.000 dan cashback hingga Rp1.000.000. Untuk TWS Freebuds Lipstick, Huawei menjualnya dengan harga Rp 3.299.000.

IP68 untuk Huawei P50 Pro boleh terkena air laut

Saat acara berlangsung, Huawei memutar sebuah video komersial untuk Huawei P50 Pro. Pada video tersebut, tampak smartphone Huawei terangkat dari air laut dan masih digunakan untuk berfoto-foto. Saya pun menanyakan apakah Huawei membolehkan perangkat P50 Pro digunakan di laut sementara kebanyakan produsen smartphone yang memakai IP68 justru mengimbau untuk tidak terkena air laut.

Edy Supartono selaku Country Training Manager Huawei Indonesia mengatakan bahwa batasan IP68 bukan untuk air tawar mau pun air asin, melainkan tingkat kedalaman serta berapa lama berada didalam air. Jadi sepertinya kebocoran akan terjadi jika sebuah perangkat IP68 terlalu lama terendam didalam air dan melebihi kedalaman tertentu.

Edy juga mengkonfirmasi bahwa selama batasan kedalaman dan waktu tenggelamnya tidak melebihi yang ditentukan, yaitu 1,5 meter dalam waktu 30 menit, perangkat akan aman digunakan. Jadi tidak perlu takut saat adanya korosi pada konekti USB-C atau bagian metal lain yang ada pada Huawei P50 Pro tersebut.