13 April 2022

by Lukman Azis

Huawei Juga Umumkan MatePad, Tablet 10,4 inci 2K Dengan Pengalaman Produktivitas Ala Laptop

MatePad didukung aksesori Huawei Smart Keyboard dan Huawei M-Pencil, serta fitur-fitur penunjang produktivitas

Bersama peluncuran laptop MateBook D14 dan MateBook D15 terbaru yang ditenagai oleh prosesor Intel Core generasi ke-11, Huawei juga menghadirkan generasi terbaru tablet MatePad dalam ekosistem smart office untuk pasar Indonesia. Perangkat ini menawarkan pengalaman produktivitas layaknya laptop, didukung aksesori Huawei Smart Keyboard dan Huawei M-Pencil, serta fitur-fitur penunjang produktivitas seperti MultiWindow, AppMultiplier, dan Super Device.

Menurut Huawei, MatePad terbaru sangat cocok bagi pekerja dan pelajar di era digital ataupun para hybrid professional. Sebagai tablet, perangkat ini memiliki dimensi yang jauh lebih ringkas daripada laptop. Ketebalan bodi MatePad sendiri hanya 7,45mm dan berat 450 gram, sangat portabel dan dapat digunakan oleh semua kalangan.

Untuk mendukung pekerjaan atau studi sehari-hari, pengguna MatePad dapat memanfaatkan fitur Multi-Window yang memungkinkan lebih banyak window task dari berbagai aplikasi berbeda untuk ditampilkan pada saat bersamaan. Serta, App Multiplier yang memberikan fleksibilitas dan kenyamanan pada pengalaman aplikasi landscape dan memungkinkan satu aplikasi yang sama untuk dibuka dalam beberapa pop-up window.

Tentu saja, keunggulan fitur Super Device memungkinkan MatePad dihubungkan dengan MateBook D14 dan MatePad D15 terbaru. Dengan Super Device, MatePad dapat berfungsi menjadi monitor kedua MateBook untuk pengalaman multitasking lebih lancar, menjadi perangkat input seperti sketch pad untuk MateBook, hingga mendukung transfer file lintas perangkat nirkabel hanya dengan drag-and-drop file dari MatePad ke MateBook maupun sebaliknya.

Pengalaman seperti PC juga dapat ditingkatkan dengan menggunakan Huawei Smart Keyboard, keyboard pintar dengan konektivitas Bluetooth memungkinkan input yang efisien. Keyboard ini memiliki fitur key travel 1.3mm untuk memastikan pengalaman mengetik yang nyaman dengan dua tangan untuk waktu yang lama dan dilengkapi fungsi tombol pintas baru.

Digabungkan dengan Huawei M-Pencil, MatePad dapat memanfaatkan fitur-fitur seperti FreeScript, Annotate, dan Take snippet, yang juga mendukung berbagai aplikasi pencatatan. Didukung dengan aplikasi seperti Jnotes, Touchnotes, Flexcil, dan FilmoraGO. Pengguna dapat menjelajahi berbagai kemungkinan dengan M-Pencil, mulai dari menulis catatan di MatePad, input yang lebih presisi, menggambar, hingga mengedit video.

Saat ini, bekerja dan belajar jarak jauh telah menjadi kebiasaan. Untuk meningkatkan pengalaman konferensi video atau kelas online, MatePad mengadopsi tiga mikrofon dan fitur pengurangan kebisingan. Algoritma ini akan membedakan antara suara asli dan kebisingan secara real-time dan menyaringnya di akhir. Selain itu, kamera depan 8MP juga akan mendukung dalam menciptakan kesan yang baik saat meeting.

MatePad juga sangat baik untuk menikmati hiburan, ia mengusung FullView display sebesar 10,4 inci dengan resolusi 2K dan layarnya menerima sertifikasi TÜV Rheinland terhadap blue light dan kedipan. Tablet ini juga dilengkapi dengan penyetelan profesional oleh Harman Kardon dan speaker amplitudo besar yang membuat suara bass menjadi lebih kuat.

MatePad menjalankan sistem operasi HarmonyOS 2 dan ditenagai chipset Huawei Kirin 710A. SoC ini membawa CPU octa-core yang terdiri dari 4x Cortex-A73 pada 2 GHz, 4x Cortex-A53 pada 1,7 GHz, dan GPU Mali G51. Performanya didukung RAM 4 GB dan penyimpanan internal 128 GB.

Untuk mendukung berbagai aktivitas sepanjang hari, mulai dari bekerja, belajar, hingga menikmati multimedia, MatePad dilengkapi dengan baterai sebesar 7.250 mAh. MatePad juga mendukung Huawei SuperCharge 22,5W yang hanya membutuhkan 2,5 jam untuk mengisi penuh.

Harga & Ketersediaan

Huawei MatePad terbaru dibanderol dengan harga Rp4.899.000 di Indonesia dan sudah dapat dipesan melalui pre-order pada periode 12-22 April 2022. Selama masa promo tersebut, pelanggan akan mendapatkan Huawei Smart Keyboard dan Huawei M-Pencil.

Serta, paket aplikasi yang meliputi 3 bulan Keanggotaan VIP WPS Office, 1 bulan penyimpanan gratis sebesar 200 GB untuk HUAWEI Mobile Cloud, 3 bulan keanggotaan VIP Vidio, 180 hari keanggotaan VIP Jnotes, dan 3 bulan keanggotaan VIP Touchnotes. Dengan ini, pengalaman maksimal layaknya PC sudah bisa didapatkan tanpa perlu membeli perangkat terpisah.