Gadget News

HP Singkap Omen X 2S 15, Laptop Gaming Berlayar Ganda Pertama di Dunia

16 May 2019 | Yoga Wisesa
Produsen telah menemukan manfaat esensial (bagi gaming) dari kehadiran panel sekunder.

Dengan meningkatnya kompetisi di ranah laptop gaming, produsen kini berlomba-loma menyediakan produk yang tak cuma bisa memenuhi kebutuhan gamer, tapi dapat pulamerangkul konsumen di luar segmen itu. Sedikit dampak negatifnya ialah, berkurang pula eksperimen-eksperimen nekat seperti yang terjadi beberapa tahun lalu. Mayoritas dari mereka kini fokus pada aspek portabilitas dan performa.

Tapi ada kejutan menarik dari Hewlett-Packard beberapa minggu sebelum digelarnya Computex Taipei dan E3 2019. Di tengah-tengah acara HP Gaming Festival di kota Beijing, perusahaan PC asal Amerika itu menyingkap Omen X 2S 15, sebuah notebook spesialis gaming pertama yang ngusung dua layar. Konsepnya mungkin akan mengingatkan Anda pada Asus ZenBook Pro, namun HP telah menemukan manfaat esensial (terutama buat gaming) dari kehadiran panel sekunder.

Omen 2

Dalam keadaan tertutup, Omen X 2S 15 mungkin akan terlihat seperti laptop gaming berkonsep minimalis pada umumnya. Tubuhnya didominasi warna hitam, lalu HP tidak lupa membubuhkan logo khas VoodooPC di bagian punggungnya. Omen X 2S 15 adalah notebook berlayar 15,6-inci yang dibingkai oleh bezel tipis ‘micro-edge‘. HP menyediakan pilihan varian 1080p dengan opsi refresh rate 144Hz atau 240Hz, serta versi 4K 60Hz.

Namun ada hal berbeda begitu Anda mengangkat layarnya. Keyboard diposisikan menjorok ke depan dan touchpad diletakkan di pojok kanan – mirip ROG Zephyrus S – untuk memberikan ruang pada display kedua yang berada di dekat engsel. Panel tersebut merupakan jenis layar sentuh LED backlight, memiliki luas 6-inci dan resolusi FHD, yang dapat membantu kita di sejumlah skenario pemakaian.

Omen 4

Dengannya, Anda bisa menyimak/menyaksikan video walkthrough dan mempraktekkannya langsung, menggunakannya untuk mengatur Spotify sembari menemani grinding di dalam game MMO, atau buat mengawasi update chat Twitch atau Discord – semuanya dapat dilakukan tanpa perlu menekan tombol Alt dan Tab. Layar sekunder di Omen X 2S 15 juga dilengkapi fitur screen-mirroring real-time yang bisa menampil bagian tertentu di game, misalnya peta saat Anda menikmati permainan racing.

Untuk sebuah perangkat khusus gamer nomaden, susunan hardware Omen X 2S 15 sama sekali tidak mengecewakan. HP Omen X 2S 15 dipersenjatai prosesor Intel Core generasi kesembilan hingga i9 9880H dan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 2070 Max-Q atau 2080 Max-Q, juga dibekali RAM DDR4-3200 sampai 64GB, dan beragam tipe konfigurasi penyimpanan: dari mulai pilihan Intel Optane hingga SSD M.2 NVMe 1TB.

Omen 3

Omen X 2S 15 rencananya akan mulai dipasarkan pada bulan Juni 2019 nanti, pertama kali lewat situs HP.com. Keunikan desain perangkat ini memang berdampak pada harganya. Varian paling dasar dari Omen X 2S 15 dibanderol seharga US$ 2.100. Tipe berlayar 240Hz baru tersedia pada bulan Juli.

Sumber: HP.