29 September 2022

by Wiku Baskoro

HP Baru Sabrila adalah OPPO A16, Cocok Buat UMKM

OPPO A16 selain cukup sesuai untuk UMKM juga bisa bagi mereka yang butuh ponsel untuk pembelajaran

OPPO A16 mencuri perhatian karena masuk dalam salah satu video sekretariat Presiden. Lebih tepatnya dalam video interview singkat dengan Sabrila, pelajar yang viral karena ponselnya jatuh dan rusak saat mengejar Jokowi ketika berkunjung ke Pasar Rakyat Bandar Batauga di Kabupaten Buton Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dalam video interview singkat tersebut tambah di belakang ada kotak ponsel OPPO A16. Ponsel ini menjadi ponsel pengganti dari posel Sabrila yang sebelumnya telah rusak karena terjatuh. Sebenarnya, bisa apa saja perangkat OPPO A16 ini?

Cocok untuk UMKM dan produktivitas termasuk pembelajaran

OPPO A16 merupakan ponsel entry level tetapi OPPO menghadirkannya dengan dukungan yang tetap mumpuni, bahkan perangkat ini cocok untuk UMKM dalam mendukung kegiatan produktivitas sehari-hari sampai dengan foto produk serta untuk anak sekolah.

OPPO A16 dijual harga resmi awal (tanpda diskon atau promo) mulai dari Rp1.999.000 untuk konfigurasi memori 3GB/32 GB dan Rp2.499.000 untuk varian 4GB/64 GB.

Perangkat ini bisa digunakan untuk multitaskingkarena dukungan antar muka yang mumpuni. Proses membuka dan berpindah aplikasi terasa cukup cepat. Begitu pula saat multitasking menggunakan fitur FlexDrop yakni membuka aplikasi di atas aplikasi yang lain.

Ponsel ini juga cocok untuk anak sekolah seperti Sabrila yang ponselnya rusak dan diganti oleh Jokowi. Perangkat OPPO A16 bisa digunakan untuk mengakses pembelajaran, membantuk mencari pengetahuan positif siswa sampai untuk ikut webinar.

Dapur pacunya para perangkat ini adalah chipset MediaTek Helio G35 dan didukung RAM hingga 4GB. Hadir pula system booster yang dirancang untuk mengurangi lag sebesar 18%. Jadi bisa digunakan secara mulus untuk berbagai kegiatan.

Untuk membantu UMKM dalam proses foto produk, terutama bagi mereka yang berjualan online, ada tiga kamera AI di OPPO A16 yaitu kamera utama 13MP dengan lensa wide 80 derajat dan punya kemampuan digital zoom 2-5x. Ada pula kamera bokeh 2MP untuk mode portrait dan 15 opsi filter, serta kamera makro 2MP untuk potret produk jarak dekat.

Kombinasi perangkat yang terjangkau dan bisa diandalkan, pelaku UMKM tinggal menyiapkan pencahatyaan yang cukup, properti yang relevan dan hadirkan konsep yang baik.

Untuk urusan fitur kamera agar foto lebih tampak menarik ada dazzling mode, yang membuat warna cerah dan lebih hidup. Lalu ada filter bokeh yang dapat membuat produk lebih menonjol dan terdapat 15 filter yang bisa dipilih (termasuk 7 filter baru). Serta yang paling akhir adalah AI Beautification tiga level.

Fasilitas lain dari OPPO A16 adalah baterai 5.000 mAh yang tahan lama, layar HD+ dengan Eye Care untuk kenyamanan termasuk nonton webinar bahan belajar, dan tiga kamera AI.