17 October 2016

by Glenn Kaonang

HP dan Movado Perkenalkan Smartwatch dari 5 Brand Kenamaan: Hugo Boss, Tommy Hilfiger, Coach, Ferrari dan Juicy Couture

Semuanya analog, tapi dibekali sentuhan pintar seperti layar OLED kecil untuk menampilkan notifikasi, plus fungsi activity tracking

Hampir setahun sejak Movado mengumumkan buah kolaborasinya dengan HP; kini di bawah naungan Movado Group, perusahaan asal Swiss tersebut sudah siap melanjutkan kerja samanya dengan HP di ranah smartwatch lewat beberapa brand kenamaan sekaligus. Sebut saja Hugo Boss, Tommy Hilfiger, Coach, Ferrari dan Juicy Couture.

Kelima smartwatch ini memanfaatkan platform buatan HP yang kompatibel dengan perangkat iOS maupun Android. Interface-nya hanya mengandalkan sebuah layar OLED kecil di tengah-tengah wajah analognya, terkecuali model milik Juicy Couture yang hanya mengandalkan indikator LED.

Tidak kalah stylish dibanding arloji tradisional, kelima smartwatch ini menawarkan beragam fitur, baik itu notifikasi smartphonevia layar dan getaran serta activity tracking. Yang menarik, kelimanya bisa terus berfungsi sebagai jam tangan biasa ketika baterai rechargeable-nya kehabisan daya. Jadi selain ditenagai baterai lithium dengan daya tahan sekitar 5 hari, mereka juga mengemas baterai kancing standar.

Semua bodi smartwatch ini terbuat dari material stainless steel, serta tahan air hingga kedalaman 50 meter. Strap-nya bervariasi antara yang berbahan kulit dan stainless steel, sedangkan diameternya berkisar 46 mm. Kendati demikian, diduga bakal ada variasi ukuran untuk memenuhi selera konsumen laki-laki dan perempuan.

Kelima smartwatch akan dipasarkan mulai 27 Oktober mendatang. Harganya masing-masing adalah sebagai berikut:

  • Boss Classic Smartwatch $295 dan $325
  • Tommy Hilfiger TH 24/7 $195 dan $225
  • Coach Bleecker Smart $295
  • Scuderia XX Ultraveloce $295
  • Couture Connect $295

Tentu saja Anda tidak boleh membandingkan smartwatch-smartwatch ini dengan Apple Watch Series 2 maupun Samsung Gear S3 perihal fitur. Target pasarnya saja sudah sangat berbeda, di sini Movado Group dan HP lebih mengincar konsumen yang lebih nyaman mengenakan jam tangan tradisional, tapi di saat yang sama ingin menikmati fungsi pintar ala smartwatch.

Sumber: 1, 2, 3.