Dark
Light

Hip10, (Calon) Tempat Berbagi Top 10 Kamu

1 min read
November 7, 2009
hip10
hip10

Hip10 is a fun way to manage your top 10 lists and compare your lists with other users to see which items have the most votes.” Hey, menarik juga nih tagline yang ditawarkan ama website ini.

Sekilas pandang halaman depannya, bisa langsung ditangkep maksud dan tujuan website ini. Lo bisa bikin list Top 10, misalnya “Tempat Makan Sushi Paling Enak”, dan nanti orang-orang lain bisa lihat dan voting list lo itu. Hasilnya bakal ada banyak crowd-based recommendation, yang bisa jadi lebih memuaskan dibanding cuma baca review yang ditulis satu-dua orang dengan selera tertentu.

Terus pas ngeliat beberapa list yang udah ada, kayaknya bikinan orang Indonesia nih websitenya. Boleh juga idenya, gue sih belum pernah nemuin site serupa dengan ini. Ada TopTenz.net di mana elo bisa bikin list Top 10, tapi ngga ada fitur votingnya. Mari kita coba lihat-lihat isinya.

Sayangnya begitu gue coba-coba klak-klik sana sini, kayaknya sitenya masih lumayan jauh dari siap. Ada box video yang ternyata cuma image doang, news yang isinya cuma testing, sampai ke halaman FAQ dan Feedback yang belum tersedia. Bahkan logo tulisan “Hip10” sendiri ngga bisa ditemukan. Anehnya malah gue udah bisa nemuin beberapa banner iklan. Iklan beneran atau placeholder aja nih?

Featurenya sendiri udah ada beberapa yang jalan. Yang penting-penting seperti melihat list, membuat list, voting untuk masing-masing item di list dengan memberi bintang 1-5, udah jalan dan udah cukup memberi gambaran tentang kegunaan utama dari website ini. Ada beberapa yang belum sempurna, contohnya bisa bikin list lebih dari 10 item, ini bug atau feature ya 😀

Kalau memang belum 100% berfungsi, ada baiknya di depannya dikasih disclaimer bahwa sitenya masih dalam tahap beta testing (atau malah alpha?). Terus mendingan jangan biarin registrasinya terbuka untuk umum, tetapi dijadikan closed beta testing dengan sistem pendaftaran invite-only.

Dan sepertinya udah ada niat untuk jadiin Hip10 ini sebagai aplikasi di Facebook juga. Langkah yang tepat sih menurut gue, lebih baik masuk ke tempat di mana orang-orang udah ngumpul daripada mesti ngumpulin orang di tempat baru kan? Untuk itu mereka juga udah nyediain login dengan Facebook Connect.

Kita udah ninggalin pesan di Twitter dan Facebook si empunya website untuk ngobrol-ngobrol lebih jauh tentang layanan menarik ini.  Moga-moga aja kita bisa tahu lebih banyak tentang Hip10!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Plasa.com Softlaunch di IndoComTech, Lets Meet!

Next Story

Retweet di Twitter dan MSN New Look

Latest from Blog