Internet
for SEO
Internet

Hemat Konsumsi RAM Komputer dengan Extension Chrome Ini

8 June 2015Glenn Kaonang

Sebelum ada fitur sinkronisasi cross-platform sekalipun, saya sudah menjadi pengguna setia browser Google Chrome. Alasannya sangat sederhana: Chrome terasa lebih cepat ketimbang browser lain.

Buat orang seperti saya – yang bisa dikatakan memiliki kantor virtual di internet – apapun yang bisa mempercepat akses internet merupakan suatu nilai plus. Dalam kasus ini, kecepatan Chrome dalam me-render suatu situs adalah hal yang krusial bagi saya.

Sayangnya, ada harga yang harus dibayar; sampai detik ini pun, Chrome sangat haus akan resource. Setiap tab yang Anda buka di Chrome bisa menghabiskan RAM antara 10 – 200 MB, atau bahkan lebih. Sederhananya, semakin banyak tab yang Anda buka, maka kinerja komputer atau laptop Anda akan semakin melambat.

Info menarik: Dropbox for Gmail Adalah Extension Google Chrome untuk Mempermudah Melampirkan File di Gmail

Untungnya, Chrome memiliki fitur extension, dan extension bernama The Great Suspender ini merupakan pilihan tepat buat pengguna Chrome kelas berat, khususnya mereka yang biasa membuka puluhan tab sekaligus.

the-great-suspender-02

Extension ini berfungsi untuk ‘menidurkan’ browser tab selama sejumlah waktu, mulai dari 20 detik sampai 3 hari. Facebook, Twitter, YouTube bisa Anda ‘tidurkan’ saat tengah bekerja, lalu saat Anda kembali membuka laman-laman tersebut, Anda akan disambut dengan “Tab suspended. Click to reloadrefresh.

Lalu apa manfaat dari ‘menidurkan’ browser tab? Apalagi kalau bukan menghemat konsumsi RAM. Untuk pengguna komputer desktop dengan kapasitas RAM yang sangat besar – seorang gamer atau desainer lebih tepatnya – extension ini mungkin tidak terlalu relevan. Namun bagi para pengguna netbook khususnya, menghemat konsumsi RAM akan sangat membantu mengoptimalkan kinerja dalam menjalankan berbagi tugas sehari-harinya.

Sumber: Mashable.

Play video

1 July 2022

Media Mainstream Kompas Rilis NFT #shorts

Media mainstrean Indonesia, Kompas, siap merilis NFT mereka. Link artikel: ...

Others from #HybridTV