Dark
Light

Heboh Super Swarm Badge di Jakarta

3 mins read
May 4, 2010

Tadi malam, Super Swarm Badge di Blitzmegaplex-Grand Indonesia diburu oleh para pengguna FourSquare di Indonesia. Terus terang awalnya saya tidak memperhatikan sampai timeline tweet saya dipenuhi beberapa tweet yang mengajak untuk check-in dengan Foursquare di Grand Indonesia, lebih tepatnya di Blitzmegaplex.

Super Swarm adalah salah satu Badge yang disediakan oleh Foursquare untuk memberikan ‘penghargaan’ bagi user yang melakukan check-in di satu lokasi, jumlah user yang harus dipenuhi untuk mendapatkan Badge ini adalah 250 orang.

Jadi tadi malam ada sekitar 250 orang yang ngumpul dalam satu lokasi dan semuanya melakukan check-in, untuk mendapatkan Badge jenis Super Swarm ini. Kalau melihat data tweet, rata-rata user yang melakukan check-n di Blitzmegaplex-Grand Indonesia ini akan, atau sudah menonton film Iron Man 2, ini bisa juga dipengaruhi oleh kampanye Swarm dan Super Swarm Badge yang Blitzmegaplex lakukan lewat Twitter (saya menggunakan Twiterus untuk melihat data tweet).

So, apa yang hebat dari 250 orang ngumpul disatu tempat dan mengakses satu situs hampir secara bersamaan?

Ada dua pendapat yang ingin saya share dengan para pembaca DailySocial, pertama, apakah ini akan membuat layanan berbasis lokasi menjadi trend di Indonesia? Dan satu lagi, apakah pencapaian Badge ini akan membuat para pelaku bisnis mulai melirik layanan berbasis lokasi dengan lebih serius lagi?

Indonesia terkenal dengan adaptasi trend yang cukup hebat, terutama dari segi internet serta aplikasi yang ada di dalamnya, Facebook dan Twitter hanya dua dari sekian banyak aplikasi internet yang sangat cepat diadaptasi di tingkat lokal dan menjadi trend, bahkan user dari Indonesia menjadi pengguna terbanyak (meskipun bukan paling banyak) dari layanan ini, sebelumnya ada Friendster yang sempat menjadi trend di pengguna internet di sini.

Dengan munculnya Foursquare, salah satu ‘permainan’ user internet di Indonesia kini bertambah, dan adaptasi mereka juga tidak kalah cepat dengan user dari luar negeri kini, sepertinya layanan berbasis lokasi ini mulai mendapatkan momentumnya di Indonesia.

Sebagai layanan yang lumayan baru diadopsi oleh user di sini, membuat 250 orang mengakses satu situs, hanya untuk mendapatkan badge virtual, bagi saya adalah sebuah indikasi, bahwa user mulai akrab dengan aplikasi ini, dan mereka mulai mau menyediakan waktunya untuk melakukan check-in. Apalagi ditunjang dengan pertumbuhan mobile device yang semakin bertumbuh terus.

Harus diakui memang, momennya tepat, Iron Man 2 sebagai film yang ditunggu hadir di Indonesia, promosi yang dilakukan Blitz juga cukup gencar (setidaknya di Internet), belum lagi iming-iming premier di sini lebih cepat dari di US adalah buzz yang mendukung orang-orang datang berbarengan untuk nonton. Sehingga peluang untuk user mendapatkan Super Swarm Badge menjadi lebih besar.

Belum lagi, Super Swarm Badge merupakan Badge bergengsi karena pencapaiannya yang jarang terjadi dan cukup sulit  untuk mengumpulkan orang sebanyak itu dalam satu event dan melakukan check-in yang hampir bersamaan, di US sendiri Super Swarm terjadi di event-event besar, semacam SXSW.

Lalu pertanyaan selanjutnya adalah, apakah kalangan bisnis akan semakin melirik layanan berbasis lokasi dalam mendukung pola promosi mereka?

Penggunaan social media, termasuk aplikasi berbasis social network semacam Twitter sudah mulai mendapatkan perhatian dari kalangan bisnis, meski masih sangat jauh jika dibandingkan dengan media konvensional, seperti media cetak atau televisi sebagai sarana promosi, tapi geliat serta trendnya mulai mengarah ke sisi yang positif.

Layanan berbasis lokasi seperti Foursquare sebenarnya punya peluang cukup besar bagi kalangan bisnis, seperti yang pernah saya tulis, layanan ini bisa membuat percakapan antara pelaku bisnis (cafe, bioskop, dll) langsung mendapat respons dari user, dan transaksi, yang biasanya menjadi syarat utama layanan promosi jika dikaitkan dengan bisnis, juga bisa langsung terjadi. User yang melakukan check-in sudah bisa dipastikan akan melakukan pembelian, meski untuk beberapa lokasi, seperti mall misalnya, transaksi tidak bisa dipastikan terjadi.

Meski memang kemungkinan user hanya mampir, lalu melakukan check-in di sekitaran Blitzmegaplex lalu keluar lagi dari area itu pun ada, jadi mereka hanya mengejar Super Swarm Badge, bisa jadi untuk alasan trend, bisa jadi tergerak dengan ajakan tweet untuk mendapatkan Badge jenis ini, yang memang masih jarang terjadi.

Kini keputusan bisa jadi ada di para pelaku bisnis tersebut, kalau mau mengambil kasus Blitzmegaplex, minimal perburuan Super Swarm Badge membuat percakapan yang menyebut dua brand ini di Twitter, meski tidak sampai mencapai trending topics, dan di timeline Foursquare menjadi meningkat.

Jadi, apakah Foursquare akan menjadi Facebook dan Twitter selanjutnya, yang penggunaaannya menjadi sangat masif di Indonesia? Dan mungkinkah Super Swarm Badge ini akan membuat aplikasi lokal, seperti Koprol (lagi-lagi) tergerak untuk segera menambah lagi killer feature di aplikasi mereka?

Kita tunggu perkembangan apa yang akan dilakukan para pelaku binis lokal dan juga perkembangan dari Koprol sebagai salah satu layanan lokal yang selalu dikaitkan jika menyinggung masalah layanan berbasis lokasi.

Sementara itu, bagaimana pendapat para pembaca DailySocial, apakah anda termasuk salah seorang user yang ‘memburu’ Super Swarm Badge ini tadi malam? Dan bagaimana pendapat anda tentang masa depan layanan berbasis lokasi? Mari kita diskusikan pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

24 Comments

  1. in my opinion, 4square akan cepat naik popularitasnya karena dia mulai naik tepat sesudah twitter,jadi adaptasi manusia indonesia yang memang sudah mulai “ngeh” sama online, terutama smartphone yang merajalela membuat 4square bisa menjadi wabah..

    Apalagi dengan adanya fenomena blitz ini, wahh makin seru aja dunia online..
    Standing applause buat semua netizen!! dan untuk dailysocial tentunya!!

    *Check in dulu ahhh

  2. Saya heran dengan psikologi di balik fenomena check-in ini. Apa motifnya? Untuk apa repot2 hanya demi sebuah badge virtual yang tidak jelas manfaatnya? Apa betul ada orang yang merasa “bangga” hanya karena punya sejenis badge virtual? Apakah dengan check-in bersama2, lantas mereka merasa menjadi “part of community”? Ataukah ini hanya fenomena ikut2an supaya merasa eksis? Atau apa?

    Wahai kalian yang suka check-in: kenapa, sih, kalian melakukannya?
    I know it's fun, but… what really motivates you to do it?

  3. Terima kasih atas informasi yang diberikan. Hal ini dapat menjadi sarana alternatif untuk promosi bagi para pelaku bisnis.

  4. inilah kenyataan sekarang, harus bisa diterima.
    kesenangan orang lain mungkin berbeda dengan yang lainnya, jadi itu pilihan pribadi masing-masing.
    salut buat yang check-in bareng2 di blitz, dengan rela meluangkan waktunya, disamping untuk nntn Iron Man2..

    selamat!

  5. ini satu budaya yang sebenarnya bukan budaya baru juga: sharing (yang sudah mengarah ke oversharing).

    gue lupa baca di mana kemaren, tapi ada 4 fase seseorang dalam menerima social media baru, kurang lebih gini:
    1. “oh ok ada foursquare”
    2. “gue ga ngerti nih, kenapa sih orang pada gila foursquare??”
    3. “ya udah deh gue coba ikutan dulu”
    4. “anjrittt gue ga bisa berenti check in nih!!”

    it pretty much happened with all social media, ganti aja kata “foursquare” di atas dengan friendster, facebook, twitter etc =)

  6. buat kartu kredit (credit card) dan kredit tanpa agunan (persona loans): Syarat-syarat: (KARTU KREDIT)
    Kartu Kredit

    FASILITAS KARTU KREDIT UOB Buana ANDA
    Luas diterima di seluruh Dunia

    Kartu Kredit UOB Buana Anda dapat digunakan sebagai alat pembayaran di lebih dari 24 juta tempat transaksi dan diterima di 150 negara.

    Fasilitas Kredit

    Anda hanya perlu membayar 10% dari total tagihan Kartu Kredit UOB Buana atau minimal Rp 50.000,-.

    Kredit Tanpa Bunga

    Anda dapat menikmati fasilitas kredit tanpa bunga dengan jangka waktu antara 14-45 hari, yaitu mulai dari saat Anda melakukan transaksi belanja sampai dengan tagihan kartu kredit jatuh tempo.

    UOB Buana One Bill

    Anda dapat melakukan pembayaran rutin bulanan seperti telpon, ponsel, dll. melalui kartu kredit Anda.

    Auto Pay

    Apabila Anda memiliki rekening UOB Buana, Nikmati fasilitas Auto Pay secara gratis dengan memberikan instruksi secara tertulis untuk mendebit rekening Anda setiap bulan pada saat tanggal jatuh tempo tagihan kartu kredit. Anda dapat memilih untuk pembayaran full payment atau minimum payment (10 % dari total tagihan).

    Perlindungan Credit Shield

    Perlindungan keuangan dari kewajiban melunasi tagihan Kartu Kredit Anda dengan membayar premi 0.35 % dari saldo tagihan Anda apabila terjadi kecelakaan atau sakit yang mengakibatkan meninggal dunia. Sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada UOB Buana.

    Gratis Asuransi Perjalanan

    Asuransi perjalanan cuma-cuma untuk setiap pembelian tiket dengan Kartu Kredit UOB Buana. Jumlah pertanggungan untuk Kartu Classic sebesar Rp 100 juta dan Kartu Gold Rp 300 juta. Sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada UOB Buana.

    Gratis Asuransi Ketidaknyamanan

    Khusus untuk kartu Gold, untuk setiap pembelian tiket dengan menggunakan Kartu Kredit UOB Buana. Anda akan memperoleh penggantian apabila terjadi keterlambatan pesawat, keterlambatan penerbangan lanjutan, keterlambatan bagasi ataupun kehilangan bagasi. Sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada UOB Buana.
    Kenyamanan Perjalanan Ke Luar Negeri

    *
    Kartu Kredit UOB Buana menggunakan nilai tukar yang sangat bersaing untuk transaksi di luar negeri.
    *
    Pembayaran paket liburan ke luar negeri dapat Anda cicil melalui fasilitas Flexi Pay.

    Flexi Pay

    Nikmati kemudahan dan kenyamanan fasilitas pembelian barang dengan cara mencicil. Anda dapat memesan produk tersebut sesuai yang tersedia dalam katalog atau brosur yang berlaku.

    Merchandising Service

    Nikmati berbagai penawaran barang-barang yang menarik dari brosur dan katalog dengan beraneka ragam pilihan. Manfaatkan juga cicilan Kartu Kredit UOB Buana untuk barang yang Anda pilih.

    UOB Buana Rewards

    Setiap Rp 1.000,- transaksi belanja Kartu Kredit UOB Buana Anda akan mendapatkan 1 poin UOB Buana Rewards. Kumpul dan tukarkan dengan hadiah yang tersedia pada Katalog UOB Buana Rewards.

    Special Offers

    Nikmati berbagai penawaran khusus dari merchant-merchant Kartu Kredit UOB Buana di seluruh penjuru Indonesia, mulai dari hotel, restaurant, café, spa sampai dengan tempat berbelanja.

    JARINGAN LAYANAN
    ATM UOB Buana

    Dapat digunakan untuk menarik uang tunai. Batas maksimal pengambilan tunai adalah 40% dari kredit limit Kartu Kredit Anda.

    ATM VISA Plus

    Kartu Kredit UOB Buana dapat digunakan di seluruh ATM di dunia yang mencantumkan logo VISA dan atau PLUS untuk pengambilan uang tunai.

    Real Time On Line Payment

    Pembayaran Kartu Kredit UOB Buana melalui ATM UOB Buana yang akan langsung menambah jumlah kredit limit Anda sejumlah yang Anda bayarkan, walau dihari libur sekalipun.

    UOB Buana Call Center

    Segala macam informasi mengenai Kartu Kredit UOB Buana, dapat langsung Anda ketahui dengan menghubungi layanan 24 jam UOB Buana Call Center di 14008 atau (62 21) 23 55 9000.
    untuk pengajuan hubungi
    chairul sarto utomo
    asm Dewi ika
    UOB BUANA JL JEND SUDIRMAN NO 131
    SEMARANG,50000
    VIA SMS 085859467928

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Akuisisi BumpTop oleh Google

Next Story

Threadsy Memasuki Versi Beta

Latest from Blog

Don't Miss

Ubisoft Lagi-Lagi Coba Saingi Steam, Kali Ini Lewat Ubisoft Club

Kesuksesan Steam mendorong publisher kompetitor untuk turut menggarap platform sejenis demi

Satya Witoelar is OLX Indonesia’s Head of Product

Following the appointment of Daniel Tumiwa as OLX Indonesia’s new