Hasil Foto Portrait Perangkat Terbaru Reno Akan Lebih Seru

OPPO bersiap untuk menghadirkan fitur portrait yang ditingkatkan pada perangkat Reno terbaru mereka

OPPO sedang bersiap untuk merllis perangkat baru yang akan memfokuskan pada fitur portrait. Perangkat OPPO Reno terbaru ini akan memberikan pengalaman yang menarik dari sisi penggunaan kamera terutama untuk foto portrait.

Salah satu yang diunggulkan adalah kehadiran sensor Sony IMX 709 yang akan menjadi salah satu tambahan yang cukup powerfull di perangkat Reno selanjutnya ini. OPPO bekerja sama dengan Sony menghadirkan AI yang terintergrasi dengan sensor ini. Ditambah dengan dukungan sistem operasi di ColorOS terbaru dan tentu saja dukungan perangkat keras dari kamera/lensa sampai dengan NPU yang ada diperangkat.

OPPO menjelaskan cukup lengkap tentang sensor IMX 709 ini yang akan menjadi salah satu dari 3 faktor andalan untuk menghasilkan foto portrait terbaik, dengan 60% peningkatan sensitivitas cahaya dibanding IMX 615, lalu ada pengurangan noise 35% dibandingkan kamera selfie di Reno 6. IMX 709 juga memiliki new-gen RGWB sensor dengan menambahkan dua piksel putih setiap empat piksel. Dan sensor ini merupakan salah satu yang pertama di industri yang menyematkan algoritma AI ke dalam sensor. Kemudian sensor ini juga mendukung kompatibilitas dengan prosesor Qualcomm dan MediaTek.

Untuk pengembangan sendiri, sensor Sony IMX 709 dikembangkan bersama antara Sony dan OPPO dengan melibatkan 300 lebih insinyur, lalu dikembangkan 3 tahun untuk R&D, dengan 87 paten serta total investasi yang mencapai 15M USD lebih. 

Sensor baru ini akan bergabung dengan sistem pengolahan gambar berbasis AI dan prosesor pengolah gambar (NPU) untuk menghasilkan foto yang telah dioptimasi agar hasilnya maksimal serta tentunya akan didukung lensa dari perangkat keras. Kombinasi ini akan hadir di perangkat Reno terbaru yang akan segera hadir. 

Untuk hasilnya sendiri, penggunaan sensor baru untuk kamera depan dijelaskan OPPO akan memberikan detail yang lebih baik atas hasil kamera terutama dari sisi ketajaman dan kejernihan yang lebih baik. 

Karena perangkat Reno terbaru ini belum hadir, jadi kami belum bisa melihat bentuk dan layout dari kamera itu sendiri. Namaun demikian dalam sebuah acara workshop portrait beberapa waktu laku, awak media diajak untuk mencoba sensor IMX 709 dan melihat hasilnya dari dekat. 

Dan berdasarkan pengalaman mengambil foto baik sendiri atau diperagakan oleh model, hasil yang didapatkan memang cukup menarik. Tanpa efek akan dihasilkan foto yang cukup memberikan detail. Jika menggunakan fitur portrait bokeh maka detail tetap tampak (tidak hanya pada bagian muka tetapi pada bagian lain, seperti baju misalnya), dan untuk efek bokeh, pada bagian belakang objek juga tampak lebih menarik. Setidaknya jika dibandingkan dengan perangkat Reno 6. 

Berikut beberapa sample foto perbandingan dengan Reno 6 serta 1 foto yang saya ambil sendiri untuk memperlihatkan detail baju yang saya gunakan bisa terekam dengan baik pada foto. 

Perbandingan portrait OPPO Reno dan OPPO dengan sensor Sony IMX 709

Hasil portrait Sony IMX 709

Portrait dengan Sony IMX 709

OPPO sendiri belum mengumumkan tanggal pasti dari seri Reno terbaru mereka. Namun sudah bisa dipastikan tidak lama lagi. Reno terbaru ini akan menjadi penerus seri Reno 6 dan akan membantu OPPO untuk menjadi portrait expert. OPPO menjadikan fitur portrait sebagai salah satu fitur kamera utama untuk perangkat Reno terbaru.