14 February 2022

by Lukman Azis

Hasil Foto Low Light Realme 9 Pro+ Dengan Sensor Sony IMX766, Meluncur 16 Februari

realme 9 Pro+ dibekali sensor Sony IMX766 dan dilengkapi OIS yang dapat mengurangi getaran saat menggunakan mode Nightscape

Dua hari lagi atau tepatnya tanggal 16 Februari 2022 mendatang, realme akan meluncurkan smartphone kelas menengah level paling top yakni realme 9 Pro+ di Indonesia. Siaran langsung acara perkenalannya bisa disaksikan di channel YouTube realme Indonesia pukul 15.00 WIB.

Salah satu fitur kunci dari realme 9 Pro+ yang telah terungkap adalah perangkat ini memiliki kemampuan kamera khas flagship berkat dukungan hardware yang mumpuni. Ia menggunakan sensor gambar Sony IMX766 untuk kamera utamanya dan ditambah dukungan OIS.

Sensor ini biasanya ditemui pada smartphone premium yang punya rentang harga diatas Rp5 jutaan. Tak perlu jauh-jauh, ambil contoh smartphone flagship terbaru realme GT2 series yang juga menggunakan sensor Sony IMX766.

Sensor berukuran 1/1.56 inci ini menawarkan kualitas ketajaman, penyerapan cahaya yang sangat baik, dan ditujukan bagi para anak muda yang hobi mengabadikan momen melalui lensa kamera smartphone mereka. realme 9 Pro+ pun menjadi smartphone kelas menengah pertama realme yang mengadopsi sensor ini.

Sensor Sony IMX766 ini dipadukan dengan lensa ber-aperture f/1.56 yang dapat diandalkan untuk mengambil foto dalam keadaan minim cahaya. Didukung OIS yang sangat membantu dalam proses pengambilan gambar saat menggunakan mode malam dengan shutter speed rendah.ย Sebelum smartphone ini benar-benar diluncurkan ke pasaran, realme telah membagikan beberapa hasil foto dari kamera realme 9 Pro+.

Pada foto di atas, bisa dilihat bagaimana kamera smartphone ini mampu menghasilkan sebuah foto layaknya menggunakan kamera digital seperti DSLR atau mirrorless. Terdapat fitur Long Exposure yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk menghasilkan foto โ€˜bulbโ€™ seperti ini. Hasil foto realme 9 Pro+ ini juga terbilang tajam dengan tingkat noise yang minim. Warna langit tetap jelas dan tampak vivid.

Pada foto kedua, menggunakan mode malam atau Nightscape. Foto yang dihasilkan pun cukup tajam dengan koreksi warna yang sesuai, tidak kemerahan dan tidak kuning. Hal ini berkat kemampuan unik dari sensor Sony IMX766 yang bisa memaksimalkan penggunaan algoritme HDR dasar. Pada kondisi low light, sensor ini mampu mengoreksi white balance lebih baik ketimbang sensor sebelumnya yang cenderung menjadikan foto tampak lebih menguning.

Dengan hasil foto di atas, tak diragukan lagi bahwa realme 9 Pro+ punya kemampuan kamera yang cukup mumpuni bahkan untuk memotret di malam hari. Kita tunggu saja peluncurannya pada tanggal 16 Februari 2022, sebagai keluarga realme 9 series maka prediksi saya harganya bakal terjangkau yakni di bawah Rp5 jutaan.