Gaming News

Sambut Hari Sumpah Pemuda, Agate Studio Luncurkan Kampanye #PemudaMeraihMimpi

30 Oct 2018 | Ayyub Mustofa
Ide kampanye muncul dari keberhasilan pada developer lokal menerbitkan game di console modern

Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober selalu jadi momen terbaik untuk mengingatkan bangsa Indonesia akan semangat persatuan. Sumpah Pemuda juga merupakan kejadian bersejarah yang dapat mendorong kawula muda negara kita untuk terus berjuang dan berkarya, apa pun bidangnya. Hal itulah yang ingin ditonjolkan oleh developer game asal Bandung, Agate Studio, dalam kampanye terbaru mereka.

Mengusung tajuk kampanye “Pemuda Meraih Mimpi”, Agate Studio bekerja sama dengan pemuda-pemudi hebat dari berbagai industri untuk menginspirasi sesama kaum muda lainnya. AgateStudio ingin menyampaikan pesan bahwa tidak kata terlambat untuk mewujudkan mimpi, dan melalui tagar #PemudaMeraihMimpi, mereka mengajak para pemuda lainnya untuk berbagi cerita inspiratif mereka sendiri lewat media sosial.

Pemuda Meraih Mimpi | Angga Nugraha
Angga Nugraha dari CRP Group

Salah satu kisah inspiratif itu misalnya Angga Nugraha, co-founder Cita Rasa Prima Group (CRP Group) yang kini membawahi berbagai restoran populer di Indonesia. Sebelum turut mendirikan CRP Group, Angga adalah mahasiswa dengan kondisi keuangan keluarga yang kurang berkecukupan. Angga harus menjalani kuliah sembari bekerja sambilan di mana-mana untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sayangnya, waktu Angga yang habis untuk bekerja malah menyebabkan dirinya dikeluarkan dari kampus. Orang tua Angga menyesal dan meminta maaf karena tidak dapat lebih mendukung pendidikan anaknya, tapi bagi Angga, kejadian itu justru jadi lecutan untuk sukses demi keluarganya.

Angga kembali melanjutkan kuliahnya di lembaga akademis lain kota Bandung, dan di sanalah ia bertemu teman-teman yang juga menjadi co-founder CRP Group di kemudian hari. Kini CRP Group sudah menjadi perusahaan besar, menelurkan produk-produk kuliner seperti Warunk Upnormal, Bakso Boedjangan, Nasgor Rempah Abang, hingga Martabak Maskulin. Anda mungkin sudah sering mendengar nama-nama tersebut di kota-kota besar Indonesia.

Pemuda Meraih Mimpi | GHOSTYCORP
GHOSTYCORP turut meramaikan kampanye Pemuda Meraih Mimpi | Sumber: Agate

Agate Studio sendiri juga berawal dari mimpi serupa. Dari 18 co-founder muda yang bertemu saat kuliah, kecintaan kru Agate akan video game akhirnya mendorong mereka untuk menciptakan sebuah perusahaan. Cerita bahwa kru Agate Studio hanya dibayar Rp50.000 per bulan saat awal pendiriannya, adalah cerita yang sudah cukup banyak dikenal di dunia industri game dalam negeri.

Perjalanan Agate tidak mudah dan tidak sebentar. Berawal dari game dengan skala kecil seperti game Flash atau mobile game kasual, Agate terus berusaha berkembang sambil memenuhi tuntutan pasar. Pasar industri game selalu bergerak cepat, dan tidak jarang ada layanan game terbitan Agate Studio yang harus tutup karena tergerus pergeseran tren.

Tapi perjuangan itu tidak sia-sia. Pada tahun 2018 ini, dengan bantuan penerbit PQube dari Inggris, Agate Studio akhirnya mewujudkan impian mereka untuk merilis game di console modern. Game itu berjudul Valthirian Arc: Hero School Story, dan dapat Anda mainkan di PS4, PC, maupun Switch.

Valthirian Arc: Hero School Story
Valthirian Arc: Hero School Story | Sumber: PQube

Agate bukanlah satu-satunya developer Indonesia yang telah berhasil meluncurkan game di console. Mintsphere telah terlebih dahulu melakukannya lewat Fallen Legion, begitu pula dengan Toge Productions yang mengandalkan judul Ultra Space Battle Brawl. Dalam waktu dekat Lentera Nusantara juga akan merilis karya mereka yang berjudul Ghost Parade. Keberhasilan berbagai perusahaan game lokal inilah cikal bakal munculnya ide akan kampanye Pemuda Meraih Mimpi.

Setiap mimpi pasti terasa sangat jauh dan berat ketika baru dimulai. Tetapi dengan kerja keras, ketekunan, dan keyakinan yang kuat, mereka yang tergabung dalam kampanye Pemuda Meraih Mimpi ini telah membuktikan bahwa mimpi tidak mustahil untuk dicapai.

Bagaimana dengan Anda? Apa impian Anda, dan apakah Anda sudah berhasil meraihnya? Ayo, bagikan kisah Anda di media sosial dengan tagar #PemudaMeraihMimpi, agar semakin banyak pemuda Indonesia yang tergerak untuk terus berjuang mewujudkan mimpi mereka. Bila Anda menggunakan Facebook atau Twitter, Anda juga dapat mengubah foto profil lewat Twibbon untuk menunjukkan dukungan terhadap kampanya ini.