Gadget News
for SEO
Gadget News

Harga Monitor di Indonesia Naik Hingga 50%, Imbas Kelangkaan Chip di Tengah Pandemi?

27 November 2021Sean Edbert

Jika dibandingkan dengan awal tahun 2021, monitor dari sejumlah brand seperti Samsung, LG, dan AOC mengalami kenaikan harga yang drastis.

Memiliki tanggung jawab untuk menampilkan semua hal yang diproses oleh PC secara visual, monitor menjadi salah satu komponen yang harus ada di suatu setup PC. Monitor dibedakan menjadi beberapa klasifikasi sesuai dengan kegunaannya, seperti monitor kantoran, gamingdan professional.

Image Credit: Samsung

Sayangnya, ternyata monitor juga ikut terkena imbas kelangkaan chip yang sedang berlangsung saat ini. Lebih besarnya permintaan pasar dari persediaan serta langkanya panel IPS juga membantu menaikkan harga monitor yang kini lebih mahal hingga 50% jika dibandingkan dengan awal tahun 2021 lalu.

Image Credit: Tokopedia

Sebagai contoh, salah satu monitor budget terlaris di pasaran, Samsung SR35, dapat Anda bawa pulang dengan harga hanya Rp1.6 jutaan di awal tahun 2021 lalu. Kini, jika Anda melihat marketplace, monitor dari Samsung ini dibanderol dengan harga Rp2.4 jutaan. Artinya, monitor 1080p berukuran 24 inch dengan refresh rate 75Hz ini naik hingga 50% dari harga sebelumnya.

Image Credit: LG

Tidak hanya monitor dari Samsung, brand LG juga mengalami kenaikan harga. Salah satunya adalah LG 24MK600 yang pada awal tahun ini memiliki label harga Rp1.8 jutaan. Sekarang, monitor ini dibanderol dengan harga Rp2.4 jutaan yang artinya harganya naik sekitar 35%. Selain itu, harga monitor dari AOC, Philips, ASUS, serta berbagai brand monitor lainnya juga melimbung.

Anehnya, monitor-monitor yang harganya naik drastis kebanyakan berada di segmen ukuran 24 inch dengan refresh rate 60Hz hingga 75Hz. Dengan kata lain, harga monitor di kelas bawah naik lebih tinggi ketimbang kelas atasnya.

Image Credit: LG

Sebagai contoh, monitor gamingLG 24GN600 dibanderol dengan harga Rp2.7 juta di awal bulan 2021. Kini, harganya hanya naik sekitar Rp100 ribuan menjadi Rp2.8 jutaan. Padahal, monitor dengan refresh rate 144Hz dari LG ini terbilang sangat worth it dari segi harga dan kualitasnya.

Yak… Awalnya GPU dan RAM naik harga, sekarang monitor malah ikutan. Semoga tidak ada komponen PC lainnya yang memutuskan untuk ikutan naik harga deh.

Ternyata, pasar PC gaming sudah banyak peminatnya bahkan sebelum mulainya pandemi. Menurut para analis IDC, pandemi hanya mempercepat pertumbuhan dari pasar PC gaming. Lebih lengkapnya, Anda dapat membacanya di sini.

Feat image credit: Xiaomi

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada ...

Others from #HybridTV