Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Micron Sebut Harga Memori DRAM akan Naik dalam Waktu Dekat

8 April 2021Yabes Elia

Hal tersebut disampaikan oleh CEO Micron Sanjav Mehrotra.

Micron mengeluarkan pernyataan jika harga memori DRAM akan naik dalam waktu dekat karena permintaan pasar yang tinggi di pasar konsumen, data center, ataupun cloud. Micron pun kesulitan menangani tingginya permintaan tersebut.

Di tengah kelangkaan GPU (atau harganya selangit) yang masih melanda, badai kencang belum berakhir buat para gamer desktop. Laporan terbaru menyebutkan bahwa kita akan melihat kenaikan harga memori yang sebenarnya sudah diantisipasi di akhir tahun kemarin.

“Pasar DRAM akhir-akhir ini mengalami kelangkaan pasokan, karena tingginya permintaan dan kurangnya ketersediaan, yang membuat kenaikan harga DRAM dengan cepat…” Ujar Sanjav Mehrotra, CEO Micron, mengingatkan para investornya dalam laporan finansial — dikutip dari Guru3D.

RTX 3070
RTX 3070

2021 mungkin memang tahun terburuk buat para gamer PC. Saat artikel ini ditulis, RTX 3070 dibanderol dengan harga di atas Rp20 juta. Sedangkan MSRP dari NVIDIA untuk kartu grafis tersebut adalah US$499 (sekitar Rp7 jutaan). Cerita yang serupa juga terjadi untuk kartu grafis dari AMD Radeon. RX 6800 yang harusnya dibanderol dengan harga US$649 (sekitar Rp9,5 jutaan) dijual dengan harga Rp23 juta ke atas.

Untungnya, meski di luar sana kelangkaan CPU juga terjadi, saat saya menulis artikel ini saya masih bisa menemukan baik CPU AMD dan Intel dengan harga wajar di toko online. Meski memang dari kubu Intel, 11900K masih jarang ditemukan (mungkin karena memang baru dirilis), 10900K masih banyak ditemukan di harga Rp6,7 juta sampai Rp7 jutaan. Sedangkan Ryzen 5 5600X yang sebelumnya memang sempat raib dari pasaran, saat ini saya sudah menemukan banyak toko yang menjual procie tadi dengan harga Rp5,6 jutaan.

Feature Image Credit: Kingston

Play video

16 June 2021

HY ESPORTS - ESPORT TIDAK MENGENAL DAERAH

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV