23 March 2015

by Puja pramudya

Harga Aplikasi di Windows Store Akan Naik Mulai April 2015

Mempersiapkan launch Windows 10 tahun ini, Microsoft mengumumkan melalui surel resmi kepada para pengembang aplikasi bahwa rentang harga aplikasi akan dinaikkan mulai 13 April 2015.

Per hari ini, terdapat 96 rentang harga yang dapat digunakan untuk aplikasi berbayar dan in-app puarchase. Rentang harga ini secara periodik selalu dievaluasi agar terjaga konsistensi-nya antar mata uang, nilai tukar dan pajak.

Info menarik: [Video] Simak Demonstrasi Game Augmented Reality Shooter dari Magic Leap

Mulai bulan April 2015, rentang harga akan menjadi baru dan berpengaruh terhadap pengguna Windows selain yang menggunakan USD. Rentang nilai untuk mata uang lain relatif akan berubah terhadap nilai USD tersebut.

Sebagai contoh, harga USD 2.99 yang sebelumnya bernilai 18 dalam Yuan akan berubah menjadi 18.50 Yuan. Perubahan ini berkisar di angka hingga 20%.

Dari sudut pandang pengguna, kenaikan harga ini tidak terhindarkan karena satu-satunya jalan untuk mendapatkan aplikasi adalah melalui toko aplikasi resmi Windows Store.

Di sinilah justru menjadi pekerjaan rumah para pengembang aplikasi, untuk memperhatikan harga yang akan mereka terapkan. Terutama bagi pengembang yang menargetkan pasar lokal di Indonesia, nilai tukar mata uang yang kerap berubah dan berdampak pada sensitivitas harga, menjadi hal yang perlu mendapat perhatian lebih.

Gambar header: mobile via Shuttertock.