Dark
Light

Happier, Media Sosial untuk Berbagi Kebahagiaan dan Hal-hal Positif

1 min read
July 29, 2013

Jika Anda termasuk orang yang bosan dengan berbagai keluh kesah yang diungkapkan di media sosial mainstream seperti Facebook atau Twitter, barangkali Happier adalah media sosial yang tepat untuk Anda. Media sosial yang satu ini punya satu peraturan unik: penggunanya hanya boleh mempublikasikan hal-hal yang membahagiakan dan positif.

Ide Happier didasari dari penelitian yang menyatakan bahwa orang-orang yang menulis hal-hal positif mengenai hari mereka akan merasa lebih bahagia. Happier juga pendukung kuat teori bahwa “kebahagiaan itu menular“. Dalam teori ini dikatakan jika seseorang memiliki teman yang bersikap positif, orang tersebut memiliki peluang 15% untuk menjadi bersikap positif juga.

Happier didirikan oleh Nataly Kogan dan berdomisili di Boston. Dalam wawancaranya kepada NY Times, Kogan menyatakan bahwa Happier didesain agar orang bisa berbagi momen-momen kecil yang positif dan membahagiakan. Kogan berargumen bahwa di jejaring sosial yang mainstream, momen-momen kecil ini tampak menjadi terlalu trivial untuk dibagikan. Misalnya saja pada gambar di bawah ini, beberapa pengguna Happier berbagi hal-hal yang namapknya sepele seperti makan malam bersama mertua, menyaksikan pertandingan basket di malam hari, atau panggilan telepon dari ayah, tapi mereka menganggap hal-hal ini adalah hal yang membahagiakan bagi mereka.

Dalam interaksi saya yang hanya sebentar dengan media sosial ini, memang nampaknya sebagian besar pengguna Happier memiliki visi yang serupa dengan Kogan. Sejauh ini saya belum menemui post yang bernada negatif atau keluh kesah. Meskipun menarik untuk disimak bagaimana komunitas pengguna Happier akan bereaksi terhadap post yang berbau negatif.

Diluncurkan mulai Februari tahun ini, Happier sejauh ini sudah menjaring lebih dari 100.000 pengguna yang sudah membagikan lebih dari 1 juta momen kebahagiaan mereka di media sosial tersebut. Saat ini Happier bisa diakses melalui aplikasi untuk iOS dan aplikasi web.

 

Sumber: CNET, NY Times.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

[Manic Monday] IVR Mungkin Masih Relevan Untuk Hiburan Digital

Next Story

Sedapur Tutup Layanan

Latest from Blog

Don't Miss

Semua Hal yang Diumumkan NVIDIA pada Computex 2024

Dalam presentasi selama 1 jam 47 menit, CEO dan pendiri

Naming Rights Agreements in Esports

In recent years, more and more non-endemic brands have decided