1 November 2018

by Ayyub Mustofa

Hanya Tiga Hari, Penjualan Red Dead Redemption 2 Capai Angka Rp11 Triliun

Penjualan awal Red Dead Redemption 2 hanya kalah oleh saudara jauhnya, Grand Theft Auto V

Setelah penantian panjang, Rockstar Games akhirnya merilis Red Dead Redemption 2 di PS4 dan Xbox One. Game bertema koboi yang mengisahkan kejadian sebelum 12 tahun sebelum Red Dead Redemption pertama ini langsung laku keras. Dalam waktu tiga hari saja, Rockstar Games telah mencatat nilai penjualan sebesar 725 juta dolar Amerika, atau sekitar 11 triliun rupiah!

Angka yang fantastis tersebut mencatatkan nama Red Dead Redemption 2 sebagai media hiburan dengan peluncuran paling sukses kedua sepanjang sejarah. Satu-satunya yang mengalahkan Red Dead Redemption 2 adalah saudaranya sesama game besutan Rockstar Games, Grand Theft Auto V. Pertama kali dirilis eksklusif untuk PS3, Grand Theft Auto V berhasil mendatangkan pendapatan kotor 1 miliar dolar Amerika—setara dengan 15 triliun rupiah—dalam tiga hari pertama.

Red Dead Redemption 2 | Sumber: Rockstar Games

Berikut ini pencapaian Red Dead Redemption 2 yang diumumkan oleh Rockstar Games, dilansir dari Business Wire:

  • Media hiburan dengan pendapatan ritel terbanyak di weekend pertama
  • Media hiburan dengan pendapatan ritel kedua terbanyak di tiga hari pertama
  • Media hiburan dengan peluncuran tersukses sepanjang tahun 2018
  • Game dengan pre-order terbanyak sepanjang masa di PS Store
  • Game dengan penjualan day one terbanyak sepanjang masa di PS Store
  • Game dengan penjualan tiga hari pertama terbanyak sepanjang masa di PS Store

Tak hanya prestasi dari segi penjualan, Red Dead Redemption 2 juga diterima dengan sangat baik oleh para kritikus. Media-media game ternama seperti IGN, Giant Bomb, Easy Allies, Game Informer, PlayStation LifeStyle, dan lain-lain memberi nilai sempurna dalam ulasan mereka. Sekarang Red Dead Redemption 2 menduduki peringkat pertama game PS4 di Metacritic dengan skor 97. Ini setara dengan Grand Theft Auto V, dan mengalahkan segudang game dahsyat lainnya seperti God of War atau Uncharted 4: A Thief’s End.

Red Dead Redemption 2 | Sumber: Rockstar Games

Sebagai game pertama yang dibuat Rockstar khusus untuk console generasi PS4, Red Dead Redemption 2 berhasil menyajikan dunia yang tak hanya luas, tapi juga indah dan mendetail. Ditambah dengan cerita tentang drama kehidupan kriminal yang memikat, serta nuansa wild west yang digambarkan dengan sangat menarik, memang layak bila game ini digemari begitu banyak orang. Rockstar Games membuktikan bahwa mereka masih mampu menciptakan pengalaman single-player yang spektakuler, bukan hanya menggantungkan hidup pada pemasukan dari Grand Theft Auto Online.

Rockstar Games dan Sony Interactive Entertainment kini bekerja sama untuk menghadirkan berbagai konten online lebih awal, mulai November 2018. Mode baru bernama Red Dead Online akan memadukan narasi dengan unsur multiplayer yang seru, baik kompetitif maupun kooperatif. Melihat rekam jejak kesuksesan Rockstar Games di GTA Online, tampaknya kita bisa optimis bahwa Read Dead Online juga akan memiliki kualitas yang setara. Salut kepada Rockstar!

Sumber: Business Wire